Dalam rangka meningkatkan ilmu tentang industri farmasi dan mempersiapkam mahasiswa profesi Apoteker Universitas Jember, pada hari sabtu 23 Mei 2015 Fakultas Farmasi mengadakan kuliah tamu dengan mendatangkan Praktisi Industri. Sekitar 40 mahasiswa profesi Apoteker tersebut diberi materi oleh Drs. Bambang Priyambodo, Apt setara dengan 4 SKS perkuliahan. Pemateri tersebut saat ini menjabat sebagai plant manager pada industri farmasi PT. Rama Emerald Multi Sukses yang berada di Gresik.

Materi yang diberikan oleh pemateri antara lain pangantar tentang industri farmasi di dunia dan Indonesia, Sistem manajemen mutu di Industri Farmasi, Sistem pengawasan mutu serta validasi di industri farmasi. Pada awal materi dijelaskan tentang globalisasi industri farmasi yang akan terjadi pada era harmonisasi ASEAN 2015, dimana apoteker Indonesia harus mempelajari sistem registrasi obat dan riCPOB yang diakui bersama oleh ASEAN. Kuliah juga membahas kejadian-kejadian di industri farmasi seperti mixing up dan cross contamination disertai dengan pemutaran video kejadian tersebut yang pernah nyata terjadi di dunia.

Mahasiswa yang hadir dalam kuliah tersebut aktif dalam bertanya tentang materi yang sedang di berikan. Salah satu pertanyaan yang di munculkan adalah kasus mixing up antara dua obat yang diproduksi salah satu perusahaan besar di Indonesia yang telah membuat dua orang meninggal, Pemateri dapat menjelaskan dengan baik asal muasal kesalahan yang terjadi saat pembuatan produk tersebut.

Kuliah tamu berjalan dengan lancar dan diakhiri dengan foto bersama antara pemateri, dosen dan seluruh mahasiswa yang hadir. Kuliah tamu ini akan dilanjutkan dengan program Praktek Kerja Profesi Apoteker (PKPA) yaitu kurikulum wajib bagi mahasiswa apoteker. PKPA industri akan dilaksanakan di beberapa industri farmasi salah satunya PT Rama Emerald Multi Sukses yang merupakan tempat Bapak Bambang Priyambodo bekerja. (dw)