TentangKeunggulanLayananAlurGunakan PINTUDisclaimer

Tentang PINTU

PINTU (Pusat Informasi dan Layanan Satu Pintu) FARMASI, merupakan layanan online untuk informasi dan layanan satu pintu Fakultas Farmasi. Pengguna dapat memanfaatkan PINTU FARMASI untuk layanan akademik dan kemahasiswaan, umum dan perlengkapan, keuangan dan kepegawaian. Prioritas layanan akan diselesaikan via online terlebih dahulu. Jika layanan online tidak dapat menyelesaikan, maka akan diteruskan melalui layanan offline.

Apa yang kamu dapatkan dari PINTU Farmasi?

1. Efisiensi Waktu.
Kamu gak harus “wasting time” untuk datang atau menunggu di ruangan layanan. Karena banyak layanan yang bisa diselesaikan via online, cukup input form layanan dan kamu bisa “nyambi” kerjaan yang lain. Kecuali untuk hal-hal yang urgent kamu dapat langsung datang ke ruang layanan. Kamu  yang hanya pengin nanya-nanya saja bisa langsung manfaatin PINTU tanpa harus datang langsung ke ruang layanan. Jadi lebih hemat waktu kan.
2. Mudah bikin janji.
Kamu gak perlu nunggu antrian di ruangan layanan, dengan membuat janji di PINTU, pihak petugas layanan dapat mengatur resource penjadwalan, sehingga keterlaksanaan layanan lebih terjamin.
3. Mendukung Social Distancing (Menjaga Jarak Sosial).
Nah ini yang penting di era pandemic Covid-19 dimana kita harus jaga jarak untuk meminimalisasi penyebaran virus, sehingga alternatif layanan online sangat diperlukan.
4. Tindak lanjut layanan terekam.
Dengan adanya rekaman ini kamu mudah untuk mengkonfirmasi layanan kamu yang belum tuntas, sehingga memudahkan petugas layanan untuk menindaklanjuti.

Layanan yang bisa menggunakan PINTU

Pada dasarnya semua layanan dapat melewati PINTU, kecuali yang sifatnya urgent dan dibutuhkan penanganan dalam waktu cepat. Berikut ini contoh layanan yang dapat dituntaskan melalui online:

  • Konsultasi layanan informasi akademik dan kemahasiswaan

  • Legalisir ijazah dan transkrip online

  • Pemenuhan persyaratan tugas akhir

  • Pemenuhan persyaratan wisuda

  • Konsultasi layanan informasi Umum dan Perlengkapan

  • Layanan Administrasi Persuratan (surat masuk dan keluar)

  • Peminjaman ruangan dan alat

  • Surat Tugas dan SPD (Surat Perjalanan Dinas)

  • Update data Kepegawaian SISTER

  • Pembuatan dan perubahan Model C

  • Konsultasi layanan informasi Umum dan Perlengkapan

  • Layanan Administrasi Persuratan (surat masuk dan keluar)

  • Peminjaman ruangan dan alat


Selanjutnya perlu dilakukan pemetaan layanan lebih lanjut dari hasil evaluasi pelaksanaan PINTU yang sudah berjalan agar bermanfaat lebih maksimal.

Alur PINTU

Universitas Jember telah sukses mengembangkan UC3 (University Customer Care Center) sebagai pusat layanan terpadu publik dan warga Universitas Jember. Lalu apa bedanya UC3 dengan PINTU? PINTU mendukung UC3 dalam hal dimana UC3 belum menyediakan layanan yang dibutuhkan pengguna, maka PINTU hadir untuk melengkapi UC3. Saat ini layanan UC3 masih banyak bersifat aduan, kita mengharapkan adanya integrasi antara informasi, pengaduan dan layanan administrasi.
Harapannya UC3 dapat diterapkan di level fakultas dengan penambahan fitur admin untuk masing-masing unit kerja. Dengan adanya admin memungkinkan adanya penambahan petugas layanan online dan menambah jenis layanan yang bisa jadi berbeda di masing-masing fakultas. Dari sisi kemudahan pengguna dan verifikasi user, UC3 punya kelebihan karena telah terintegrasi dengan SISTER. Semoga UC3 dapat dikembangkan sesuai dengan harapan. Dengan demikian PINTU Farmasi dapat dikatakan sebagai batu loncatan untuk belajar menemukan pengalaman terbaik dalam melayani sehingga dapat dijadikan sebagai masukan dalam pengembangan layanan ke depan.