Dalam rangka melaksanakan Program Pengabdian Pemula (PPP), Tim Pengabdian Fakultas Farmasi Universitas Jember, yang diketuai oleh Dwi Koko Pratoko M.Sc., Apt melaksanakan pelatihan pembuatan souvenir sabun pada kelompok ibu-ibu rumah tangga di Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember. Pengabdian yang merupakan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi ini, dilaksanakan pada bulan September 2019. Kegiatan pengabdiaan ini juga melibatkan beberapa mahasiswa Fakultas Farmasi UNEJ. Anggota Tim pengabdian masyarakat Nia Kristiningrum M. Farm., Apt menyampaikan “Kegiatan yang kami lakukan mencakup dua kegiatan, pelatihan pembuatan souvenir sabun dan pelatihan pembuatan toko daring”

Pengabdian yang dilakukan selama bulan September 2019 ini memiliki tujuan untuk memberi wawasan serta skill dalam pelatihan pembuatan sabun dimana produk tersebut dapat dikembangkan sebagai souvenir sabun yang memiliki nilai ekonomis sehingga sehingga dapat dijual. Sasaran pengabdian ini utamanya adalah ibu-ibu rumah tangga yang juga sebagai anggota PKK di kelurahan Tegal Besar Kecamatan Kaliwates, dimana mereka sebagian besar merupakan ibu-ibu rumah tangga yang tidak bekerja (non produktif). Pemilihan souvenir sabun dalam pelatihan ini didasarkan bahwa sabun salah satu pilihan buah tangan yang populer di masa sekarang. Souvenir ini memiliki daya tarik sendiri dan menjadi salah-satu produk yang diminati masyarakat. Biasanya souvenir sabun dapat diberikan sebagai kenang-kenangan baik pada acara nikah, khitan maupun ulang tahun. Selain itu souvenir sabun dapat dijadikan oleh-oleh yang dapat dikembangkan menjadi oleh-oleh khas daerah.

Sebelum melakukan praktik membuat sabun, peserta diminta untuk menggunakan alat pelindung diri mulai dari masker dan sarung tangan untuk melindungi dari bahan kimia pembuat sabun. Praktik membuat sabun pun diawali dengan mencampur bahan-bahan yang dibutuhkan yang sudah terukur, kemudian menuang dalam cetakan sabun dan dibiarkan beberapa saat untuk dapat diamati hasilnya. Sabun yang dibuatpun beraneka ragam warna dan aroma dari yang beraroma mawar, melati hingga sereh. Antusiasme peserta pelatihan dalam pelatihan pembuatan sabun sangat tinggi, terbukti banyak sekali pertanyaan pertanyaan yang dilontarkan peserta terkait materi yang diberikan. Setelah membuat sabun, selanjutnya peserta dibekali dengan cara pengemasan sabun agar sabun lebih memiliki nilai ekonomis yang tinggi.

Selain pembuatan sabun, dilakukan pula pelatihan pembuatan toko daring (online) sebagai salah satu media pemasaran yang saat ini sedang marak. Terlebih hampir semua ibu rumah tangga sudah memiliki gawai yang sudah terkoneksi dengan internet. Pengabdian ini ditutup dengan penyerahan bantuan peralatan dan bahan produksi kepada kelompok Ibu-ibu rumah tangga di Kecamatan Kaliwates yang dapat digunakan sebagai modal awal untuk memproduksi souvenir sabun. Dalam semua rentetan pelaksanaan kegiatan pengabdian, semua peserta sangat antusias mengikuti pelatihan dari awal hingga akhir. Tim pengabdian masyarakat FF Unej tersebut berharap bahwa program pengabdian yang telah dijalankan tersebut dapat memberikan manfaat serta dapat meningkatkan pendapatan ibu-rumah tangga yang tentunya berdampak pada perekonomian keluarga/masyarakat.

Penyuluhan mengenai cara pembuatan souvenir sabun

Kegiatan Pelatihan Pembuatan Souvenir Sabun

Pelatihan pembuatan souvenir sabun

Pelatihan pembuatan toko online sebagai media pemasaran