Sehubungan dengan agenda kegiatan kunjungan studi lapang perguruan tinggi bagi siswa-siswi SD Al-Furqan Jember, Fakultas Farmasi Universitas Jember menjadi salah satu pilihan kunjungan. Studi lapang dilakukan pada tanggal 30 Mei 2024 lalu di Aula Fakultas Farmasi, Laboratorium Kimia Medisinal, dan Laboratorium Farmakologi dan Toksikologi.

Penyambutan Siswa-Siswi Studi Lapang Siswa SD Al Furqan

         Siswa-siswi kelas 6B berkesempatan mengenal kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa farmasi. Farmasi sebagai ilmu yang mempelajari tentang obat-obatan melakukan penelitiannya melalui beberapa laboratorium. Bertempat di Aula Fakultas Farmasi, dijelaskan mengenai apa saja yang dilakukan oleh mahasiswa farmasi dengan bahasa yang mudah dipahami. Farmasi mempelajari bagaimana obat-obatan dibuat, bagaimana cara kerjanya di dalam tubuh manusia, dan juga cara menggunakannya dengan aman dan efektif untuk mengobati penyakit. Para ahli farmasi juga mempelajari cara-cara untuk mencegah penyakit dan memberikan nasihat kepada pasien tentang penggunaan obat yang tepat. Dengan itu, farmasi membantu masyarakat memahami bagaimana obat-obatan bekerja dan mengapa mereka penting untuk kesehatan.

           30 Siswa Kelas 6B SD Al Furqan juga melakukan beberapa dokumentasi pada Laboratorium Kimia Medisinal dan Laboratorium Farmakologi dan Toksikologi. Pada laboratorium tersebut kembali dijelaskan kegiatan yang biasanya dilakukan, seperti mengembangkan keilmuan yang berkaitan dengan Farmasi Klinik dan Komunitas serta pengembangan rancangan obat. 

Dokumentasi Kunjungan Laboratorium Fakultas Farmasi