Sampai saat ini dunia masih dipenuhi dengan kekhawatiran terhadap pandemi COVID-19. Seperti kita kehahui, edukasi merupakan salah satu upaya yang sangat penting dalam pencegahan dan penanggulangan COVID-19. Salah satu bentuk pencegahan dari COVID-19 yang dapat dilakukan oleh masyarakat adalah peningkatan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

Peningkatan perilaku hidup sehat, seyogyanya dimulai dari usia dini. Pada kenyataannya, banyak anak usia sekolah yang kurang memahami pentingnya hidup sehat, contoh yang paling sederhana adalah membiasakan mencuci tangan dengan sabun antiseptik atau penggunaan masker saat ke luar rumah. 

Fakultas Farmasi Universitas Jember yang diwakili oleh tim pengabdian kepada masyarakat yaitu Dr. apt. Fifteen Aprila Fajrin, M.Farm dan apt. Ika Puspita Dewi, M.Biomed melakukan kegiatan Gerakan Masyarakat Sehat Melalui Promosi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Yayasan USK Untukmu Si Kecil. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 5 Desember 2021 dan diikuti oleh 20 orang anak usia sekolah mulai SD hingga SMP.

USK “Untukmu Si Kecil” sendiri merupakan Rumah Belajar dan Rumah Bermain yang didirikan oleh Alm Prof. Ayu Sutarto yang terletak di Jl. Sumatra VI/35C Kelurahan Sumbersari, Kecamatan Sumbersari, Kabupaten Jember, Provinsi Jawa Timur. USK merupakan suatu Yayasan yang mencoba untuk membantu pemerintah dan masyarakat dalam usahanya mempersiapkan anak bangsa dari “kelompok kecil, yang berezeki kecil”, menjadi warga yang lebih cerdas, kreatif, terampil, tangguh, toleran dan cinta TanahAir. Saat ini USK telah menjadi tempat berkumpulnya anak-anak di Lingkungan Tegal Boto Kidul yang secara rutin melakukan berbagai kegiatan salah satunya kelompok baca.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan akan meningkatkan pengetahuan anak-anak terhadap bahaya COVID-19 serta bagaimana cara pencegahan yang dapat di lakukan dalam kegiatan sehari-hari. Untuk mempermudah pemahaman mengenai bahaya COVID-19 dan pencegahannya, maka dilakukan edukasi melalui buku bergambar yang berisikan praktek PHBS pada anak dan sekaligus mengenalkan beberapa tanaman obat (TOGA) yang dapat bermanfaat dalam meningkatkan imunitas untuk mencegah terjangkitnya COVID-19.