By Arini

ISMAFARSI (Ikatan Senat Mahasiswa Farmasi Seluruh Indonesia) merupakan organisasi nasional mahasiswa Farmasi di seluruh Indonesia. ISMAFARSI beranggotakan perguruan tinggi yang tersebar di Indonesia dan terbagi ke dalam 8 wilayah yaitu Wilayah Sumatra 1, Wilayah Sumatra 2, Wilayah Jabodelata (Jakarta, Bogor, Depok, Lampung, dan Tangerang), Wilayah Priangan, Wilayah Joglosepur (Jogja. Solo, Semarang, Purwokerto), Wilayah Batara Jatim (Bali, Nusa Tenggara Barat, Jawa Timur), Wilayah Kalimantan, dan Wilayah Indonesia Timur. Organisasi ini dibentuk dengan tujuan umum yaitu menyatukan opini dan sebagai ajang silaturahmi dari berbagai mahasiswa farmasi di seluruh Indonesia. Oleh karena itu perencanaan strategi operasional setiap periode kepengurusan sangatlah penting kedudukannya demi mencapai visi dan misi ISMAFARSI sesuai dengan Garis Besar Haluan Organisasi. Berdasarkan hal tersebut dilaksanakanlah RAKERNAS (Rapat Kerja Nasional) yang hanya diadakan dua tahun sekali dengan tempat penyelenggara (host) yang berbeda pada tiap periodenya.

Tahun 2019, Himpunan Mahasiswa Farmasi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Udayana terpilih dan dipercaya sebagai tuan rumah dari penyelenggaraan even nasional ini dengan tema “Warrior of Pharmacy, Build a Healthy World with Pharmacist”. Terpilihnya Universitas Udayana sebagai host RAKERNAS ISMAFARSI XIV ini diharapkan mampu menciptakan Rakernas yang kondusif, terarah, dan maksimal. Di sini, Fakultas Farmasi Universitas Jember juga berpartisipasi secara aktif dalam rangka turut serta menyukseskan kegiatan Rakernas ini dengan mengirimkan delegasi mahasiswanya, diantaranya yaitu:

  1. Kharisma Maulana Damarwan (Angkatan 2016)
  2. Nuril Izzati Farihatur R (Angkatan 2017)
  3. Moch. Agung Maulana (Angkatan 2017)
  4. Nurhayati (Angkatan 2016)
  5. Rachman Adji Prakoso (Angkatan 2016)

Sekretaris Jenderal Ismafarsi (Muhammad Dzikri Ramadhan) dan Delegasi Farmasi Universitas Jember (Rachman Adji Prakoso)

Pada Rakernas kali ini terdapat serangkaian acara berupa Pelantikan Staf Ahli dan Koordinator Wilayah ISMAFARSI periode 2018-2020, Sidang Rapat Kerja Nasional ISMAFARSI Periode 2018-2020, Seminar Nasional Farmasi, Pharmacy Counseling Event (PCE) Competition, Visit Denpasar. Pada Pelantikan Staf Ahli dan Koordinator Wilayah ISMAFARSI periode tahun 2018-2020 ini ditetapkan 10 staf ahli yaitu media dan publikasi, internal, pengembangan profesi, pengabdian masyarakat, keuangan, pertukaran pelajar, kastrad, eksternal, pengembangan pendidikan dan ilmu farmasi, kesekretariatan dan 8 Koordinator Wilayah Sumatra 1, Sumatra 2, Jabodelata, Priangan, Joglosepur, Batara-Jatim, Kalimantan, Indtim. Sementara untuk Sidang RAKERNAS terdapat 3 sidang yaitu sidang komisi, sidang paripurna dan sidang khusus. Pada sidang komisi, staf ahli menjelaskan proker dan dana yang dibutuhkan kepada semua forum, untuk sidang paripurna semua forum mengesahkan sekaligus menetapkan hasil rapat komisi, sosialisasi buku putih pengkaderan, sosialisasi SOP Internal, dan penjelasan sistem pengawasan oleh badan pengawas, sementara sidang khusus di sini membahas masalah internal pengurus ISMAFARSI periode 2018-2020.

Pelantikan Staf Ahli dan Koordinator Wilayah ISMAFARSI periode tahun 2018-2020

Visit ke Monumen Bajra Sandhi

Demikian serangkaian kegiatan pada RAKERNAS ISMAFARSI di Bali, siap menjadi delegasi selanjutnya?.