[Jember, 24/03/2022] Keluarga Fakultas Farmasi Universitas Jember menerima kabar menggembirakan dari 3 mahasiswanya yang kembali menyumbangkan prestasi dalam bidang pembuatan poster ilmiah bertemakan “Pengembangan Potensi Bahan Alam untuk Meningkatkan Sistem Imun terhadap COVID-19”. Poster dari mahasiswa atas nama Fikri Dwi Ramdani, Adhelena Belinda Saputri, dan Joanne Theophilia Winata mengangkat judul “Potensi Patch 1,8-Sineol pada Masker dalam Mencegah Penularan Covid-19” yang diperoleh dari menggali beberapa referensi menarik terkait tema yang diusung oleh penyelenggara Pharmaceutical Competition IPLF Pramunas 2022 oleh ISMAFARSI. Kelompok yang dibimbing oleh ibu apt. Indah Yulia Ningsih, S.Farm., M.Farm ini berhasil memperoleh juara 3 lomba dalam ajang perlombaan tersebut.

Pada satu kesempatan, Fikri mengemukakan kebahagiaannya menjadi bagian dari mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Jember yang dipermudah jalannya untuk menjadi individu berprestasi dalam masa perkuliahannya. Menurut Fikri dalam proses delegasi perlombaan dia dan kelompoknya dipermudah oleh alur yang sudah disediakan oleh BEM Fakultas Farmasi begitu pula dalam proses pencarian dosen pembimbing. “Delegasi lomba dipermudah karena alur sudah jelas dibuat oleh BEM Fakultas, jadi apapun jenis lomba akan dicarikan dosen untuk membimbing kami,” tutur Fikri.

Fikri mengaku bahwa alasannya mengikuti lomba ini bukan sekadar mendapatkan gelar juara melainkan dengan mengikuti kompetisi nasional seperti ini, dia bisa mendapatkan sertifikat penghargaan sebagai pemenang yang dapat dikenang. “Sebenarnya tahun lalu sudah pernah memenangkan satu dan merasa sudah cukup karena goalsnya tercapai. Tapi dari perlombaan ini (tingkat nasional) mendapat insentif dari universitas, jadi merasa termotivasi dan tertantang lagi.” jelas Fikri.

Keberhasilan Fikri tidak terlepas dari peran lingkungan yang juga mendukungnya, ia memberikan saran bahwa jika ingin menjadi mahasiswa yang berprestasi, maka cobalah temukan lingkungan dan circle yang dapat mendukung untuk berprestasi juga, sehingga mudah untuk membentuk tim yang selaras. Terakhir Fikri berpesan bagi teman-teman mahasiswa lain yang ingin berprestasi untuk terus semangat belajar dan tidak menyerah dalam melakukan sesuatu.