DUDRG merupakan buah pemikiran dari tiga founder yang merupakan dosen Farmasi Universitas Jember yaitu apt. Ari Satia Nugraha, S.F., GDipSc., M.Sc-res., PhD., apt. Bawon Triatmoko, S.Farm., M.Sc. dan apt. Antonius Nugraha Widhi Pratama, S.Farm., M.PH. Kelompok riset ini didirikan pada September 2015 dengan nama Drug Discovery Research Group (DDRG). Pada tahun 2018, DDRG berganti nama menjadi Drug Ulitisation and Discovery Research Group (DUDRG) dan menjadi salah satu andalan di Fakultas Farmasi Universitas Jember. Hingga saat ini DUDRG memiliki beberapa proyek penelitian diantaranya Malaria, Virtual Screening, Metabolomic, Soil, Worm, Lichen, dan Epiphyte.

Sebagai salah satu kelompok riset terbesar di Fakultas Farmasi Universitas Jember, anggota DUDRG mempunyai keuntungan seperti terdapat laboratorium khusus anggota DUDRG sehingga waktu penelitian bisa efisien. Selain itu, fasilitas laboratorium yang terstandar membantu pengerjaan penelitian. Kegiatan peneliatan dilakukan oleh anggota mulai dari sampling, pengerjaan di laboratorium, analisis data yang didapatkan hingga mempublikasi penelitian pada jurnal internasional. DUDRG juga menjadi wadah diskusi ilmiah secara dua arah dimana anggota DUDRG diarahkan oleh supervisor dan telah memiliki SOP yang jelas. Selain pembimbingan antar project yang dilakukan tiap minggu, anggota juga dapat melakukan diskusi terkait akademis dengan supervisor secara kekeluargaan. Pembimbingan tersebut seperti seminar maupun lomba untuk menggali potensi anggota DUDRG.

Selain itu, DUDRG kerap kali mengadakan kegiatan workshop internal dan workshop eksternal. Workshop internal diajukan untuk menambah pengetahuan maupun kemampuan anggota DUDRG seperti kegiatan mentoring NMR, penulisan jurnal, protokol keselamatan kerja laboratorium, dan seminar internal. Kegiatan workshop ekternal ditujukan untuk umum seperti pelatihan penggunaan aplikasi mendeley maupun cara menulis jurnal. Kegiatan anggota riset selain workshop juga sering diadakan acara untuk mempererat kebersamaan antar anggota maupun dengan supervisor. Acara tersebut seperti trip ke tempat rekreasi maupun kegiatan seperti jamming ataupun makan bersama.

DUDRG juga memiliki beberapa kolaborasi dengan Trop BRC-Institut Pertanian Bogor, Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN), Islamic Development Bank (IsDB), Deutscher Akademischer Austauschdienst  (DAAD), University of Wollongong, Leibniz-Institut für Pflanzenbiochemie, dan James Cook University.

DUDRG menawarkan kepada mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Jember sebagai wadah untuk menggali potensi diri utamanya sebagai seorang lifelong-learner. Tidak hanya melatih skill laboratorium tetapi juga melatih interpersonal skill seperti kerja sama antar tim, manajemen waktu, kemampuan menulis, kepimpinan, problem-solving, negosiasi dan ditempa untuk bekerja secara profesional.

Ke depannya, Semoga DUDRG menjadi lebih besar dan lebih maju sehingga mampu menciptakan budaya meneliti sejak mahasiswa, sebagai agent of change. Karena “meneliti adalah melihat apa yang dilihat oleh orang lain dan berpikir apa yang tidak dilihat oleh orang lain”.

Figure 1 Kegiatan Sampling di Lereng Gunung Ijen

Figure 2 Penelitian di Laboratorium DUDRG

Figure 3 Seminar ICOLIB

Figure 4 Lomba PIMFI 2019

Figure 5 Seminar Internal mendatangkan Guest Lecturer dari luar negeri

Figure 6 Workshop Eksternal Mendeley

Figure 7 Acara Makan Bersama Anggota DUDRG

Figure 8 Trip Ke Kebun Coklat

Figure 9 Diskusi antar anggota DUDRG