Minggu, 28 Agustus 2021, Himpunan Mahasiswa Program Studi Farmasi Universitas Islam Negeri Jakarta (UIN Jakarta) mengadakan perlombaan Pharmacy UIN Vocal Combat dengan tajuk “Pharmacy Expo”. Prestasi gemilang kembali tercatat melalui event ini oleh Amalia Aulia Firdaus yang berhasil meraih Juara 2 Kategori Solo dan Juara Favorit Pharmacy UIN Vocal Combat.

Amalia atau yang biasa disapa Amaw mengungkapkan kegembiraannya saat bisa meraih prestasi dan membanggakan Fakultas Farmasi Universitas Jember pada Pharmacy UIN Vocal Combat yang diikuti oleh siswa/siswi atau mahasiswa/mahasiswi se-Indonesia. Amaw ini merupakan satu diantara 30 orang perwakilan Fakultas Farmasi Universitas Jember yang berhasil lolos hingga tahap final. Amaw mengikuti seleksi penyisihan yang berlangsung secara online dengan mengirimkan video kepada panitia. Pemilihan lima peserta terbaik lolos ke tahap final dipilih oleh juri berdasarkan kriteria penilaian seperti teknik artikulasi, homogenitas, tempo/ritme, intonasi, ekspresi, lirik, stage act, kreativitas aransemen, dan improvisasi.

Di babak penyisihan, Amaw membawakan lagu yang berjudul “Hurt” karya Christina Aguilera. Kesibukan-kesibukan lain di perkuliahan dan organisasi yang memang cukup padat saat itu, mengakibatkan Amaw sempat drop seminggu sebelum deadline pengumpulan video. Meski sebelumnya belum pernah mengikuti perlombaan di ajang tarik suara, bahkan secara solo seperti pada ajang Pharmacy UIN Vocal Combat, pada akhirnya Amaw berhasil lolos pada babak penyisihan Pharmacy UIN Vocal Combat bahkan dapat meraih juara 2 dan juara favorit.

Amaw mengaku bahwa ia nekat untuk mengikuti lomba vokal solo ini. Dengan bermodalkan suka musik dan mengikuti paduan suara saat SMP, serta latar belakang dari orang tuanya yang memang suka musik, Amaw berusaha untuk membanggakan almamaternya di ajang vokal satu ini, meskipun semua harus dilakukan sendiri, mulai dari take, rekaman, edit audio, mixing, sampai mengedit video. Hal ini tidak menyurutkan semangat dari Amalia untuk dapat berkontribusi membanggakan Fakultas Farmasi. Beberapa penghargaan yang pernah ia raih diantaranya juara 2 cabang lomba vocal grup FLS2N, Parade band, MTQ, Lomba Festival Hadrah banjari tingkat kabupaten.

Semangat dan prinsip untuk dapat mengharumkan almamaternya terus digenggam hingga akhirnya berbuah manis. Diakuinya Amaw merupakan sosok yang kompetitif dan selalui ingin berkontribusi terhadap almamaternya sehingga berusaha untuk terus berprestasi. Semoga cerita Amaw dapat memotivasi mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Jember lainnya untuk terus berprestasi.