Tim Era Curmin Mask

Jember, 4 September 2021

Pandemi COVID-19 di Indonesia yang dimulai sejak Maret 2020 hingga saat ini, telah banyak mengubah gaya hidup masyarakat. Seperti yang kita ketahui, bahwa di era pandemi sangat penting untuk menjaga protokol kesehatan, salah satunya menggunakan masker kesehatan. Akan tetapi penggunaan masker secara terus-menerus juga mengakibatkan permasalahan pada kulit, salah satunya adalah munculnya jerawat di wajah. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi hal tersebut salah satunya adalah dengan menggunakan masker peeloff antijerawat.

Masker peeloff  yang dibuat dalam kegiatan ini berasal dari ekstrak kunyit dan daun mangga arumanis. Banyaknya daun mangga yang berjatuhan dan belum dimanfaatkan secara optimal, khususnya di Jember mendorong tim PKM-K Fakultas Farmasi Universitas Jember dengan anggota tim Silfiani Wirdiatul M, Elok Rimadani, Fernanda Indah L, Yunita, dan Zhaikhotun Nissa yang dibimbing oleh Ibu apt. Lidya Ameliana., S.Si.,M.Farm menciptakan produk masker gel peel-off ERA-CURMIN. Masker gel peel-off ERA-CURMIN merupakan masker yang terbuat dari kombinasi ekstrak etanol daun mangga arumanis dan ekstrak etanol kunyit dan ditujukan untuk anti-acne, brightening, dan anti-aging. Kombinasi ini bertujuan agar produk yang dihasilkan lebih potensial mengatasi timbulnya jerawat akibat pemakaian masker yang berkepanjangan. Dipilih daun mangga karena memiliki kandungan mangiferin yang bertindak sebagai antibakteri, yang dapat menghambat replikasi pada sel bakteri Propionibacterium acnes meskipun efek yang dimiliki tidak terlalu kuat. Sedangkan kunyit memilik kandungan utama curcumin yang dapat menghambat metabolisme asam arakidonat dan peradangan pada epidermis kulit melalui regulasi jalur siklooksigenase dan lipoksigenase. Produksi masker ini diharapkan dapat mengatasi permasalahan jerawat pada masyarakat, serta mampu menambah nilai jual daun mangga.

Proses produksi masker gel peel-off ERA-CURMIN dilakukan secara luring di Laboratorium Fakultas Farmasi Universitas Jember, dimana bahan alam yang digunakan diekstraksi terlebih dahulu menjadi ekstrak kental, kemudian di formulasikan dengan berbagai bahan hingga terbentuk masker gel peel-off yang kental. Seluruh kegiatan dalam proses pembuatan masker gel peel-off ERA-CURMIN secara lebih lengkap dapat dilihat melalui akun youtube Eracurmin Mask. Kontrol kualitas masker gel peel-off “ERA-CURMIN” dilakukan untuk menjaga mtu produk selama proses produksi. Adapun ualitas kontrol yang dilakukan dalam kegiattan ini meliputi : uji organoleptis, uji homogenitas, uji daya sebar, uji lama waktu mengering, uji pH, dan uji sensitivitas.

Era Curmin Mask

Sesuai dengan maksud dan tujuan PKM-K, produk masker gel peel-off ERA-CURMIN telah melewati tahap produksi dan kontrol kualitas, dan selanjutnya dipasarkan. Sehubungan dengan kondisi pandemi ini, proses promosi dan pemasaran produk masker tersebut, lebih difokuskan pada kegiatan daring melalui media sosial seperti Instagram (@eracurmin.mask) dan WhatsApp. Sasaran konsumen untuk masker gel peel-off ERA-CURMIN ini lumayan luas yaitu mulai usia 12 sampai dengan di atas 30 tahun. Hingga saat ini, minat konsumen untuk mencoba dan menggunakan masker gel peel-off ERA-CURMIN cukup tinggi. Berdasarkan hasil survey dan testimoni konsumen mengenai produk masker gel peel-off ERA-CURMIN, hampir semua konsumen menyukai produk tersebut karena produk masker gel peel-off ERA-CURMIN ini terbukti mampu mengatasi jerawat mereka.