Semangat nasionalisme kembali menggema di lingkungan Universitas Jember dalam  momentum Bulan Pancasila. Upacara Hari Pancasila sebagai headliner dari momentum ini di mana digelar dengan tema “Budaya Indonesia” serta diikuti oleh sivitas akademika Universitas Jember. Partisipasi aktif juga ditunjukkan oleh sivitas akademika Fakultas Farmasi yang mengambil tema “Adat Betawi” dalam memeriahkan upacara tersebut. Adapun pelaksanaan upacara yang dimulai pada pukul 08.00 WIB dan bertempat di Lapangan Utama Universitas Jember. Dalam rangkaian agenda ini, tidak hanya diisi dengan upacara saja, tetapi juga dimeriahkan dengan kirab dari setiap fakultas.

Berbagai kirab budaya ditampilkan di depan rektor beserta jajarannya dengan antusiasme penuh oleh para dosen dan mahasiswa, mulai dari tarian tradisional, musik daerah, hingga kesenian daerah. Fakultas Farmasi menampilkan Tari Betawi yang dibawakan oleh empat anggota UKSM Essensi dan diiringi Lagu “Kicir-Kicir” oleh para dosen dan teknisi. Berkat penampilan yang luar biasa, Fakultas Farmasi berhasil meraih Juara Harapan 2. Selain itu, juga diadakan agenda Seminar Nasional yang bertemakan “Pancasila Sebagai Pemersatu Kemajuan Pendidikan Menuju Universitas Jember yang Berkelas Dunia” dan Lomba Paduan Suara Antarunit Satuan Kerja dalam rangka memperingati momentum ini.

(Dokumentasi Kegiatan)

Seminar nasional diselenggarakan pada 13 Juni 2024 di Gedung Soedjarwo. Adapun rangkaian acaranya, meliputi penampilan kesenian daerah, sambutan-sambutan, sesi penyampaian materi, dan sesi tanya jawab. Sementara itu, lomba Paduan Suara digelar pada 30 Juni 2024 pada tempat yang sama. Sivitas akademika Fakultas Farmasi tampil energik dan memukau dengan membawakan dua lagu, yakni lagu “Rayuan Pulau Kelapa” sebagai lagu wajib dan lagu “Yamko Rambe Yamko” sebagai lagu pilihan. Dengan demikian, berbagai agenda dalam momentum Bulan Pancasila berjalan dengan lancar serta diharapkan dapat memupuk semangat nasionalisme di kalangan sivitas akademika Universitas Jember.

Naik dokar ke pasar ikan

Belinye udang dicampur nila

Aye dateng bawa rombongan

Untuk peringatin hari lahirnye Pancasila!

Pelihara kuda belinya delman

Bekel melancong ke Kota Tua

Yuk dengan semangat kebangsaan

Kite wujudkan Indonesia Emas 2045!