Rabu, 26 Juni 2024, Fakultas Farmasi Universitas Jember berkolaborasi dengan RCMP UniKL Malaysia mengadakan “International Guest Lecture” berjudul: Therapeutic Drug Monitoring: Case Study in Aminoglicosides. Pada kesempatan ini Fakultas Farmasi mengundang Praktisi dari Rumah Sakit sekaligus dosen di Bagian Farmasi Klinik dan Farmasi Praktis, Faculty of Pharmacy and Health Sciences Universiti Kuala Lumpur Royal College of Medicine Perak, yaitu Nor Safwan Hadi Nor Afendi, RPh.

Suasana International Guest Lecture secara daring melalui zoom meeting

Acara ini dibuka oleh sambutan dari Wakil Dekan bidang Akademik, Dr. apt. Fifteen Aprila Fajrin, M.Farm. Selama kurang lebih dua jam, acara kuliah tamu yang diikuti oleh mahasiswa S1 dan S2 berlangsung sangat menarik. Mahasiswa S2 banyak memberikan pertanyaan terkait tesis mereka yang kebetulan terkait dengan farmasi klinik. Di akhir sesi Nor Safwan Hadi Nor Afendi, RPh menyampaikan bahwa penerapan “Pemantauan Kadar Obat dalam Darah” di Rumah Sakit akan sangat efektif dengan adanya koordinasi antara semua tenaga kesehatan, termasuk apoteker. Pemerintah juga turut andil, utamanya dalam penekanan biaya uji yang harus dibebankan kepada pasien.

Ke depan, acara ini akan menjadi kegiatan rutin setiap tahun untuk lebih menguatkan implementasi kerjasama di antara kedua belah pihak. Bukan hanya di bidang pendidikan, namun juga meluas di bidang penelitian dan pengabdian. Untuk lebih lengkapnya, materi perkuliahan dapat ditonton melalui link youtube Fakultas Farmasi UNEJ (@farmasiunejofficial).

#Farmasi UNEJ Unggul Luar Biasa