Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW) adalah program pengembangan usaha yang dapat diikuti oleh mahasiswa yang sudah memiliki usaha sebelumnya dan membutuhkan bantuan dana usaha. Melalui program ini, mahasiswa akan mendapat bantuan berupa dana pengembangan serta pembinaan berupa pendampingan serta pelatihan. Program ini dibawah naungan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek).

Program P2MW ini dapat diikuti oleh mahasiswa aktif jenjang sarjana dari perguruan tinggi negeri dan swasta di lingkungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek). Terdapat enam kategori usaha, seperti makanan dan minuman; budidaya; industri kreatif, seni, dan budaya; jasa, pariwisata, dan perdagangan; manufaktur dan teknologi terapan; serta bisnis digital.

Sebelum seleksi nasional, proposal ini diseleksi secara internal oleh perguruan tinggi. Apabila lolos, proposal dapat diseleksi oleh belmawa yang kemudian diumumkan pada tanggal 27 April. Selama program ini berjalan, setiap timnya akan didampingi oleh dosen yang ahli di bidangnya seperti salah satu tim P2MW dari Fakultas Farmasi Universitas Jember yang didampingi oleh Ibu apt. Fransiska Maria Christianty, S.Farm., M.Farm. mulai dari penyusunan proposal hingga proses revisi.

Tim yang diketuai oleh Muhammad Rafli ini mengusung judul “Produk Hair Tonic Spray Penumbuh Rambut Dari Ekstrak Kulit Kakao (Theobroma cacao L.) sebagai Upaya Peningkatan Nilai Ekonomis Limbah Kulit Kakao Melalui Pengembangan Cocapeel”. Judul ini dipilih karena di wilayah Jember banyak sekali dijumpai limbah kulit kakao. Adanya limbah kulit kakao ini menjadikan Muhammad Rafli dan tim ingin memanfaatkan limbah ini menjadi hair tonic spray untuk meningkatkan nilai ekonomisnya. Harapannya ini akan menghasilkan produk yang berdampak nyata bagi masyarakat.

Berdaya, Berwirausaha

Farmasi Unggul Luar Biasa