Fakultas Farmasi Universitas Jember kembali mendatangkan salah satu praktisi industri dalam rangkaian “Praktisi Mengajar” pada mata kuliah teknologi sediaan steril pada Minggu, 12 Mei 2024 lalu. Bertempat di Aula Fakultas Farmasi Universitas Jember, kuliah praktisi ini dihadiri oleh 150 mahasiswa angkatan 2021. Kuliah dibawakan oleh apt. Wisang Seta Geni, S. Farm (Quality Control Manager di PT. Otsuka Indonesia) dengan tema “Water Treatment dan Uji Sterilitas Sediaan Farmasi di Industri Farmasi” yang berlangsung selama empat jam dari pukul 08.00 – 12.00 WIB.

Bersama praktisi apt. Wisang Seta Geni, S. Farm, mahasiswa Fakultas Farmasi dikenalkan Sistem Pengolahan Air (SPA). Praktisi yang akrab dipanggil Pak Wisang ini mengenalkan sedikit terkait dunia PKPA dan spesifikasi seleksi untuk pekerjaan yang dibutuhkan pada industri farmasi sebelum memulai pada inti perkuliahan.

Pemaparan materi water treatment

Memulai materi Water Treatment di Industri Farmasi, Pak Wisang menceritakan perluasan PT. Otsuka dari Jepang ke luar negeri pertama kali. Otsuka mendirikan perusahaan cabang Indonesia di tahun 1974 pada lokasi air yang jernih dan bagus yaitu di kota kecil Jawa Timur, Lawang. Air yang bagus sebagai media penunjang kritis perusahaan farmasi sangat diperlukan dan membutuhkan perlakukan khusus. Pemaparan kemudian dilanjutkan dengan penampilan video terkait sistem pengolahan air dan uji sterilitas. Pemaparan yang begitu lengkap terkait sistem ini berhasil dilihat dari respon mahasiswa yang mampu menjawab Kahoot Games pada akhir acara.

Mahasiswa farmasi terlihat fokus mendengarkan pemaparan