Sabtu, 11 Mei 2024 Fakultas Farmasi mendatangkan salah satu praktisi industri dalam rangkaian program “Praktisi Mengajar” pada mata kuliah teknologi sediaan steril. Bertempat di Aula Fakultas Farmasi Universitas Jember, kuliah praktisi ini diihadiri oleh 150 peserta angkatan 2021. Kuliah yang dibawakan oleh apt. Bagus Ovi Pratama S.Farm. ini bertemakan Formulasi dan Teknologi Sediaan Steril ini Small Volume Parenteral dan Large Volume Parenteral.

Suasana Pemaparan Materi

Diawali dengan pengenalan jenis-jenis sediaan parenteral berdasarkan rute dan bentuknya, Pak Bagus selanjutnya menjelaskan studi formulasi Injeksi baik Large Volume Parenteral (LVP) maupun Small Volume Parenteral (SVP). Bentuk Sediaan Steril yang dapat berupa larutan, suspensi atau emulsi ini dapat diberikan dalam rute pemberian injeksi intramuskular, subkutan, intravena, intradermal, dan lainnya. Pak Bagus juga menjelaskan terkait perbedaan antar kemasan, volume masing-masing sediaan serta keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Formulasi sediaan yang telah dijelaskan pada awal kemudian dijelaskan secara rinci terkait cara pembuatannya dan cara evaluasinya. Semakin menarik, Pak Bagus memaparkan pula alur skema proses produksi dengan gambar maupun video yang ada pada industri farmasi steril. Penampilan alur produksi tersebut membuat antusias peserta dalam bertanya seputar produksi injeksi steril.

Mahasiswa 2021 Menyimak Pemaparan Kuliah oleh Praktisi

Empat jam yang sungguh tidak terasa karena materi dibawakan dengan cara yang menarik dan seru. Dengan adanya pemaparan oleh praktisi yang berasal dari Industri Farmasi Steril langsung ini diharapkan dapat meningkatkan semangat mahasiswa Fakultas Farmasi dalam perkuliahan dan memudahkan saat pengerjaan UKMPPAI nanti.