Program Kreativitas Mahasiswa atau PKM adalah agenda tahunan yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek). PKM diselenggarakan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menerapkan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, serta kesenian untuk memperkaya budaya nasional. Program ini dapat diikuti oleh mahasiswa diploma dan sarjana di seluruh wilayah Indonesia, termasuk mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Jember. Pada 19 April 2024, Kemdikbudristek mengumumkan sejumlah tim yang lolos pendanaan. Hasil dari pengumuman tersebut menunjukkan bahwa dua tim yang berasal dari Fakultas Farmasi berhasil lolos pendanaan.

Kedua tim yang lolos pendanaan ini adalah tim PKM-K yang mengusung ide dengan judul “SEGAISY: Serum Spray Nanoemulsi Ekstrak Daun Pegagan (Centella asiatica) dan Bunga Daisy (Bellis perennis) sebagai Pencerah Ketiak” yang dibimbing oleh apt. Viddy Agustian Rosyidi, S.Farm., M.Sc. dan diketuai oleh Pebi Maya Handar Weni. Satu lagi adalah tim PKM-RE dengan judul “Potensi Ekstrak Etanol Limbah Biji Mangga Arummanis Kaya Mangiferin sebagai Antidepresan pada mencit Galur Balb/C” yang dibimbing oleh Dr. apt. Fifteen Aprila Fajrin, S.Farm., M.Farm. dan diketuai oleh Ariefiona Shalsabyla Affandi.

Pemilihan ide dari kedua tim ini berdasarkan fenomena yang ada di lingkungan sekitar, mulai dari masalah kulit hingga biaya obat yang cenderung mahal. Harapannya dengan inovasi terbarukan ini bisa mengatasi permasalahan tersebut. Selama proses penyusunan proposal pkm ini, masing-masing tim dibimbing oleh dosen yang ahli dibidangnya sehingga hal ini dapat membantu dalam proses penyusunan proposal.

Saat ini kedua tim tengah melaksanakan pengerjaan PKM di tengah kesibukan kuliah dan praktikum. Memang bukan hal yang mudah, semua butuh diperjuangkan. Sesuai moto Fakultas Farmasi “Unggul Luar Biasa”, seperti itulah semangat kedua tim untuk menuntaskan semua rangkaian kegiatan PKM. Farmasi bisa!