Sabtu, 20 April 2024 – Fakultas Farmasi Universitas Jember kembali berkolaborasi bersama Praktisi dengan mengusung topik “Data Integrity dalam Industri Farmasi” yang dibawakan oleh Bapak Iwa Kustiyawan, S. Si., M.Farm.Ind., CSCM sebagai Packaging Control Manager – Production Management Department PT. Bio Farma. Acara ini diselenggarakan secara Luring di Aula 1 Fakultas Farmasi UNEJ dan dihadiri oleh Mahasiswa Farmasi yang tengah menempuh mata kuliah Farmasi Industri, termasuk diantaranya adalah Mahasiswa Semester 6.

Dalam materinya, Bapak Iwa Kustiyawan, S. Si., M.Farm.Ind., CSCM menyampaikan bahwa data merupakan unsur yang sangat penting dalam dunia industri, melalui data yang ada dapat digunakan untuk mengambil suatu keputusan maupun tindakan yang mampu berdampak besar pada masa depan sebuah industri. Oleh karena itu, integritas dari sebuah data sangat penting karena mempengaruhi langkah-langkah yang akan diambil selanjutnya. Data Integrity juga berhubungan erat dengan behavior karyawan. ALCOA+ merupakan prinsip yang menjamin integritas data, (1) Attributable, atau memiliki atribut identitas; (2) Legible, atau dapat dibaca; (3) Contemporaneous, atau dibuat pada saat kegiatan terjadi; (4) Original, atau terjamin ke asliannya; (5)Accurate, atau menuliskan segala perubahan yang terjadi; serta, prinsip tambahannya yakni Complete, Available, Consistence, dan Enduring.

Sesi Diskusi Bapak Iwa Kustiyawan, S. Si., M.Farm.Ind., CSCM dengan Mahasiswa

Acara yang dibawakan oleh Bapak Iwa Kustiyawan, S. Si., M.Farm.Ind., CSCM berlangsung dengan sangat interaktif. Beliau senantiasa memberikan sesi presentasi oleh mahasiswa, sesi diskusi, sesi challenge studi kasus yang disambut dengan sangat antusias oleh para mahasiswa dan penyerahan hadiah bagi mahasiswa yang menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan dengan benar.

Sesi Presentasi Jawaban Challenge Studi Kasus oleh Mahasiswa

Penyerahan Hadiah Pemenang Giveaway Soal Pada Pertemuan Sebelumnya

Melalui kolaborasi praktisi ini, harapannya mahasiswa semakin memiliki gambaran mengenai dunia industri farmasi dan memantapkan konsep pentingnya integritas data dalam dunia industri yang dapat dimulai dalam membiasakan menerapkan prinsip integritas data dalam kegiatan sehari-hari sehingga membentuk behavior diri yang lebih baik.

Bergerak Bersama, Lanjutkan Merdeka Belajar.