Ajang bergengsi yang setiap tahunnya diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Jawa Timur, yakni Pemilihan Duta Kesehatan Jawa Timur kembali diselenggarakan pada tahun ini. Di tengah kesibukan sebagai mahasiswa farmasi, tidak menghalangi niat Rizqia Vela Octavia, Mahasiswi Fakultas Farmasi Universitas Jember angkatan 2022, untuk berkompetisi sekaligus sebagai pelopor masyarakat dalam bidang kesehatan. Hal tersebut dibuktikan dengan keikutsertaannya dalam Ajang Pemilihan Duta Kesehatan Jawa Timur 2024. “Melalui ajang ini, aku bisa mengembangkan minat dan bakatku di bidang kedutaan dan pageant sekaligus sebagai penyaluran kontribusiku sebagai mahasiswa farmasi di bidang kesehatan,” tutur Vela.

            Perjuangan Vela dimulai sejak ia ditunjuk sebagai delegasi Duta Kampus Universitas Jember yang mendapatkan golden ticket dari Ikatan Duta Kesehatan Jawa Timur. Vela tidak melewatkan kesempatan tersebut, ia mengupayakan segala potensi yang dimilikinya, baik secara fisik, mental, maupun finansial untuk mencapai hasil yang optimal pada ajang tersebut. Vela berhasil melewati serangkaian tahapan seleksi, dimulai dari sekitar 200 peserta di babak penyisihan hingga hanya 12 pasang putra-putri yang lolos ke babak final. Babak final Ajang Pemilihan Duta Kesehatan Jawa Timur 2024 ini diselenggarakan pada 3 Maret 2024 di Kantor Dinas Kesehatan Jawa Timur, Surabaya.

            Kedua belas finalis bersaing secara sengit untuk memperebutkan posisi terbaik dan Vela berhasil lolos ke peringkat lima besar. Peringkat lima besar teratas mendapatkan tantangan untuk menyampaikan sebuah speech dalam waktu satu menit dengan topik yang diacak. “Di tahap ini aku dapat topik narkoba yang menurutku sangat relate dengan aku sebagai mahasiswa farmasi”. Berkat tekad yang kuat serta semangat yang tinggi, Vela berhasil mendapatkan title sebagai “Duta Kesehatan Jawa Timur 2024” dan “Duta Wisata Kesehatan Jawa Timur 2024”. Adapun pesan yang Vela sampaikan untuk Mahasiswa Farmasi Universitas Jember yakni, “Jangan pernah takut untuk mencoba dan tetap konsisten dengan jalan yang telah kamu pilih karena dengan begitu hasil maksimal dapat diraih, semangat!,” tutup Vela.