Fakultas Farmasi Universitas Jember kembali mencari bintangnya melalui ajang Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (PILMAPRES) 2024. PILMAPRES tahun ini diselenggarakan pada Senin, 26 Februari 2024 dengan mengusung tema “GREATEST: Get Ready to Become Mawapres Pharmacy”. Seleksi PILMAPRES melibatkan mahasiswa-mahasiswa berprestasi dari angkatan 2021, 2022, dan 2023. Seleksi ini dimulai sejak 15 Januari 2024 di mana pada akhirnya terpilih enam mahasiswa pilihan untuk melanjutkan perjuangannya di babak final.

Pembukaan Acara Final PILMAPRES 2024 oleh Dekan Fakultas Farmasi, Dr. apt. Nuri S.Si., M.Si.

Babak final PILMAPRES 2024 berlangsung di Aula Fakultas Farmasi Universitas Jember. Acara dibuka oleh Dr. apt. Nuri, S.Si., M.Si selaku Dekan Fakultas Farmasi Universitas Jember pada pukul 10.30 dengan ucapan basmalah. Dalam sambutannya, beliau memberikan ucapan selamat kepada para finalis serta menyampaikan sebait pantun berisi sebuah pesan yang bermakna, yaitu “Raihlah prestasi di segala bidang agar sukses hidupmu”. Acara dilanjutkan dengan tahap seleksi yang terdiri dari dua sesi, yakni sesi wawancara capaian unggulan dan sesi presentasi gagasan kreatif.

Sesi Wawancara Capaian Unggulan Salah Satu Finalis PILMAPRES 2024, Moch.  Khofi Al Yazid

Sesi Wawancara Capaian Unggulan dilakukan bersama apt. Muhammad Hilmi Afthoni, S.Farm., M.Farm., di Ruang VIP Aula Fakultas Farmasi Universitas Jember. Peserta dipanggil satu per satu oleh panitia, dimana setiap finalis diberi waktu 5 menit sebelum sesi wawancara untuk menyiapkan diri. Selama sesi ini berlangsung, peserta dilarang membawa alat tulis dan alat komunikasi dalam bentuk apapun. Sesi wawancara ini berlangsung selama 15 menit. Setelah sesi wawancara selesai, peserta diarahkan kembali ke ruang tunggu untuk mendapatkan arahan selanjutnya.

Sesi Presentasi Gagasan Kreatif Salah Satu Finalis PILMAPRES 2024, Maulidya Putri Nayla

Dalam sesi presentasi gagasan kreatif, terdapat dua dewan juri yang berkompeten sesuai bidangnya, yaitu Dr. apt. Afifah Machlaurin., S.Farm., M.Sc. dan apt. Tanfidz Alishlah S.Farm., M.Si. Finalis pertama, Ismi Laili memaparkan gagasan yang berjudul “Combhin (Combination Herbal Tea Formulation): Solusi Pengobatan Tradisional Antihiperurisemia pada Masyarakat Indonesia”. Finalis kedua, Rafa Bagus memaparkan gagasan yang berjudul “Treva (Treatment Virtual Assistance) Aplikasi Berbasis Machine Learning Guna Mewujudkan Efisiensi Pelayanan Kesehatan”. Finalis ketiga, Bagas Trikuncoro memaparkan gagasan yang berjudul “Imuno-Deception Breaker (IDB) Revolusioner Pengobatan Kanker Glioblastoma Multiforme dengan Phagocytosis Checkpoints Therapy (PCT)”.

            Tidak kalah dengan tiga finalis yang sebelumnya, tiga finalis lainnya juga memaparkan gagasan kreatifnya dengan penuh antusiasme dan percaya diri. Finalis keempat, Shafira Nurhaliza memaparkan gagasan yang berjudul “Pemberdayaan Peran Perempuan di Indonesia dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0 Melalui Program PERACOJA (Perempuan Bisa Coding pada Masa Prakerja)”. Finalis kelima, Moch. Khofi memaparkan gagasan yang berjudul “Dengue Rangers sebagai Tim Pemberantas Demam Berdarah Dengue Tingkat Desa di Kabupaten Jember”. Finalis terakhir, Maulidya Putri memaparkan gagasan yang berjudul “Mora-Stun Inovasi Pangan Berbahan Dasar Daun Kelor sebagai Agen Preventif dan Terapi Suportif Stunting Akibat Komplikasi BBLR”.

Sesi Foto Bersama Finalis PILMAPRES 2024

Sesi presentasi gagasan kreatif oleh finalis PILMAPRES 2024 selesai pada pukul 12.37. Sebagai penutup acara, apt. Muhammad Hilmi Afthoni, S.Farm., M.Farm., berharap bahwa  PILMAPRES 2024 dapat dijadikan motivasi bagi mahasiswa lain serta berpesan “Farmasis bisa menciptakan sebuah lapangan pekerjaan, maka pelajari keahlian di luar bidang farmasi juga”. Pada Senin 4 Maret 2024, juara pertama PILMAPRES 2024 diumumkan secara resmi melalui Surat Edaran Keputusan Dekan Fakultas Farmasi Universitas Jember tentang “Penetapan Pemenang Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Tingkat Fakultas Farmasi Universitas Jember Tahun 2024”, yaitu Saudara Bagas Trikuncoro Bawono dari Angkatan 2021. Tingkatkan prestasi, wujudkan mimpi, bersama mawapres 2024!.

Juara 1 PILMAPRES 2024, Bagas Trikuncoro Bawono