Kamis, 22 Februari 2024 Universitas Jember mencanangkan pembangunan Zona Integritas-Wilayah Bebas Korupsi (ZI-WBK) yang ditandai dengan penandatanganan pakta integritas serta perjanjian kinerja tahun 2024 oleh seluruh pimpinan unit kerja di lingkungan kampus Tegalboto, termasuk koordinator tiga kampus satelit di Bondowoso, Lumajang dan Pasuruan. Tidak terkecuali Dekan Fakultas Farmasi, Dr. apt. Nuri, S.Si., M.Si., yang turut berpartisipasi. Bertempat di Gedung Soetarjo, penandatanganan pakta integritas tersebut disaksikan oleh Forkopimda Jember dan mitra kerja Universitas Jember (Unej), serta Inspektur Jenderal Kemendikbudristek Catharina Muliana yang bergabung secara daring.

“Pembangunan ZI-WBK adalah kewajiban bagi semua instansi pemerintah termasuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dalam rangka menegakkan good governance,” jelas Rektor Universitas Jember, Dr. Ir. Iwan Taruna, M.Eng, IPM., saat memberikan sambutan. Menurut beliau, kewajiban pembangunan ZI-WBK termuat dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 90 Tahun 2021 tentang Pembangunan dan Evaluasi Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani di Instansi Pemerintah. Termasuk juga dalam Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 1176/P/2020 tentang Pedoman Pembangunan Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi/Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani.

Dalam kesempatan ini, Inspektur Jenderal Kemendikbudristek Catharina Muliana mengingatkan agar pembangunan ZI-WBK tidak berhenti sebagai kegiatan seremonial belaka, namun wajib ditindaklanjuti dengan langkah nyata. Apalagi membangun good governance berarti membangun manusia dan budaya sekaligus, yang memerlukan kesungguhan.

            Kedepannya, pembangunan ZI-WBK akan menjadi salah satu indikator kinerja utama yang ditargetkan kepada seluruh rektor PTN dan paling tidak 50 persen unit kerja sudah melaksanakan pembangunan ZI-WBK sehingga kualitas layanan diharapkan akan meningkat. Sesuai slogan Fakultas Farmasi, “UNGGUL LUAR BIASA”.

Proses penandatanganan perjanjian kinerja dan pakta zona integritas

antara Dekan Fakultas Farmasi dengan Rektor Universitas Jember