Pendidikan Profesi Apoteker Fakultas Farmasi Universitas Jember kembali mengadakan penerimaan mahasiswa baru pada periode semester genap 2023/2024. Sebanyak 80 mahasiswa baru dari 109 pendaftar berhasil melewati serangkaian tes seleksi yang telah dilaksanakan pada tanggal 7 Februari 2024 lalu. Cakupan mahasiswa baru pada periode ini berasal dari Fakultas Farmasi Universitas Jember.

Suasana penerimaan mahasiswa baru di ruang Aula Fakultas Farmasi

Penerimaan mahasiswa baru dilaksanakan pada tanggal 27 Februari 2024 lalu, secara luring, bertempat di Aula Fakultas Farmasi Universitas Jember. Mahasiswa baru tampak serius mendengarkan serangkaian pemaparan materi dari berbagai narasumber. Adapun beberapa materi yang disampaikan yaitu Profil Fakultas Farmasi dan Program Studi Profesi Apoteker Fakultas Farmasi Universitas Jember oleh Bapak Dekan, Dr. Apt. Nuri, S.Si., M.Si., Kurikulum Program Studi Pendidikan Profesi Apoteker (PSPPA) Fakultas Farmasi Universitas Jember oleh Ibu Koordinator PSPPA, Dr. apt. Ayik Rosita Puspaningtyas, M. Farm, Sekilas materi tentang Uji Kompetensi Apoteker Indonesia (UKAI), CBT, dan OSCE oleh apt. Fransiska Maria C., S. Farm, M. Farm. Acara kemudian dilanjutkan dengan Stadium Generale oleh apt. Yodi Setiadi, S. Farm tentang “The Role of Pharmacist in Quality Assurance of Medicines and Food: an Insight from BPOM”. Materi terakhir dijelaskan oleh Ibu Wakil Dekan Bidang Akademik, Dr. apt. Fifteen Aprila Fajrin, M. Farm dengan materi Etika Mahasiswa Profesi.

Pemaparan profil PSPPA Fakultas Farmasi oleh Dekan, Dr. apt. Nuri, M.Si

Pada pemaparan materi profil PSPPA dijelaskan masa studi pendidikan profesi apoteker, sks yang akan ditempuh, dan pengenalan beberapa tempat untuk praktik kerja profesi apoteker (PKPA). Mahasiswa baru akan menempuh total 35 SKS dengan rincian yang tertera pada pedoman pendidikan Fakultas Farmasi Universitas Jember dan akan melakukan ujian UKMPPAI dan CBT pada periode yang telah ditentukan oleh APTFI dan KIFI. Bapak Dekan juga menjelaskan bahwa masa studi pendidikan apoteker saat ini adalah maksimal 2 tahun, yaitu 1 tahun masa studi dan dapat melakukan maksimal 3x ujian.

Pemaparan kurikulum PSPPA Fakultas Farmasi oleh Koprodi, Dr. apt Ayik Rosita P, M.Farm

Pemaparan materi oleh Koprodi PSPPA menjelaskan lebih lengkap terkait kurikulum program studi profesi apoteker yang akan dilakukan. Mahasiswa baru akan dibagi menjadi 4 kelas untuk keseluruhan PKPA, pembekalan, dan UKAI yang akan dilakukan kedepannya. PKPA sendiri akan dilakukan oleh preseptor yang telah memiliki sertifikat kompetensi pada tempat masing-masing PKPA serta dosen pembimbing yang telah memenuhi syarat dan memiliki sertifikat kompetensi sebagai apoteker. Adapun dosen pembimbing dari Fakultas Farmasi yang dapat membimbing PKPA yaitu 36-37 Dosen. Pada materi Kurikulum PSPPA dijelaskan masing-masing tempat PKPA telah terdapat bahan kajian yang telah disesuaikan sehingga mahasiswa akan mendapatkan kompetensi yang tepat.

Pemaparan materi selanjutnya oleh Ibu apt. Fransiska Maria C., S. Farm, M. Farm menjelaskan terkait sistematika UKMPPAI dan tips-tips untuk persiapan berbagai ujian untuk mendapatkan sertifikat kompetensi. Kegiatan ini berlangsung selama satu hari yang diakhiri dengan pemateri etika dan profesionalisme oleh Dr. apt. Fifteen Aprila Fajrin, M.Farm.

Pemaparan sistematika UKMPPAI oleh apt. Fransiska Maria C., S. Farm, M. Farm

Pemaparan Etika dan Profesionalisme oleh Dr. apt. Fifteen Aprila Fajrin, M.Farm

Selamat datang Mahasiswa baru Program Studi Pendidikan Profesi Apoteker Fakultas Farmasi Universitas Jember Semester Genap 2023/2024.

Setiap akhir adalah awal yang baru.

Semoga sukses selalu!