Program studi pendidikan profesi apoteker Fakultas Farmasi Universitas Jember menyambut mahasiswa baru angkatan XX pada Selasa, 28 Februari 2024 dengan  Stadium Generale. Mahasiswa baru program studi pendidikan profesi apoteker diajak berkenalan lebih dalam dengan Apt. Yodi Setiawan, S.Farm yang juga merupakan alumni PSPA Fakultas Farmasi Universitas Jember dengan pembacaan CV, kemudian dilanjutkan dengan materi yaitu pengenalan BPOM.

Penyerahan Sertifikat Pemateri oleh Koprodi, Dr. Apt Ayik Rosita P, M.Farm.

Apt. Yodi Setiawan, S.Farm menjelaskan bahwa BPOM sebagai lembaga pemerintah non-kementerian menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pengawasan Obat dan Makanan. Tidak hanya itu, BPOM juga melaksanakan pengawasan terhadap produk yang berkaitan dengan kesehatan masyarakat, seperti rokok yang dilihat kadar adiktif nikotin yang terkandung. Dijelaskan pula pada paparan materi, bagaimana alur BPOM mengawasi Obat dan Makanan baik sebelum dipasarkan maupun saat dipasarkan.

Pemaparan Materi oleh Apt. Yodi Setiawan, S.Farm

Narasumber turut menjelaskan terkait tugas, fungsi, wewenang BPOM terhadap produsen, konsumen, dan distributor. Peraturan Badan Pengawas Obat dan Makanan Nomor 22 Tahun 2020 tentang Organisasi dan Tata kerja Unit Pelaksanaan teknis di Lingkungan Badan Pengawas Obat dan Makanan juga dijelaskan oleh Narasumber. “Jember mulanya hanya menjadi Loka Pengawasan Obat dan Makanan (Loka POM) sekarang sudah berubah menjadi Balai POM dengan cakupan wilayah pengawasan daerah tapal kuda (Jember, Banyuwangi, Lumajang, Situbondo, dan Bondowoso)”, ucap Apt. Yodi Setiawan, S.Farm dalam pemaparannya.

Tanya Jawab Mahasiswa dengan Pemateri

Mahasiswa baru terlihat sangat antusias dengan mengajukan beberapa pertanyaan kepada narasumber. Tidak hanya itu, disampaikan bahwa sumber daya manusia yang bekerja di BPOM sebesar 30,06% dari total pekerja adalah orang berprofesi yang mana kebanyakan berprofesi apoteker. Hal ini pun menambah minat mahasiswa dengan bertanya bagaimana alur pendaftaran untuk bekerja di Badan Pengawasan Obat dan Makanan ini.

Tanya Jawab Mahasiswa dengan Pemateri

Selamat datang Mahasiswa baru Program Studi Pendidikan Profesi Apoteker Semester Genap 2023/2024.

Semoga dengan adanya Stadium Generale ini dapat menambah wawasan dan Semangat dalam menjalani perkuliahan Profesi Apoteker!