Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) adalah program penguatan kapasitas ormawa melalui serangkaian proses pembinaan ormawa oleh perguruan tinggi  yang diimplementasikan dalam program pengabdian dan pemberdayaan masyarakat. Program berbasis pengabdian yang telah rutin dilaksanakan setiap tahunnya ini menghasilkan program yang dapat bermanfaat pada masyarakat. Tahun ini, Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Farmasi berkesempatan turut serta dalam program PPK Ormawa yang di danai oleh Belmawa Dikti setelah melakukan seleksi secara nasional untuk menjalankan program yang diajukan. Adapun judul program yang diajukan adalah “Rumah TOGA Di Desa Curahnongko Sebagai Kawasan Konservasi Tanaman Obat Keluarga Berbasis Edukasi dan Kesehatan”.

Peresmian Rumah Toga 30 September 2023

Persiapan peresmian Rumah Pemetaan Tanaman

Toga 22 September 2023 23 Juli 2023

Program yang diinisiasi oleh beberapa anggota Badan Eksekutif Mahasiswa ini membantu masyarakat Desa Curahnongko untuk Identifikasi dan pemetaan TOGA, Pembudidayaan dan pengelolaan TOGA, Pembangunan Rumah TOGA, dan Pembentukan Kelompok Konservasi, serta Branding dan Marketing Produk TOGA. Kegiatan  ini mendapatkan respon yang sangat baik dari masyarakat Desa Curahnongko bahkan turut berpartisipasi dalam terlaksananya kegiatan yang diinisiasi oleh BEM Fakultas Farmasi ini. Dengan terlaksananya kegiatan ini, masyarakat lebih tahu potensi TOGA yang mereka miliki dan cara pengembangannya. Dalam kegiatannya, tim PPK Ormawa biasanya berkunjung lebih dari 1 kali dalam seminggu. Mereka melakukan tahap persiapan, sosialisasi, pembangunan, dan pembuatan Rumah TOGA. “Rumah Toga ini merupakan kumpulan tanaman yang berada di Curahnongko sendiri, seperti umbi dewa, empon empon, petikan kebo, petikan cina, dan masih banyak lagi yang tanaman bukan pohon, sekitar 50 jenis tanaman obat keluarga pada rumah TOGA. Tanaman yang berbentuk pohon sendiri tersebar di sekitar Rumah TOGA”, ucap Camelia Puspita Firdaus, Ketua PPK Ormawa. Saat ini program telah memasuki tahap monitoring sehingga intensitas tim ke desa juga menurun. Meskipun demikian, dalam rangka pengembangan kegiatan, PPK Ormawa BEM Fakultas Farmasi akan terus membantu dalam pembuatan produk dan branding serta pemasaran produk tanaman TOGA asli Desa Curahnongko sehingga produk yang dihasilkan dapat dikenal masyarakat luas.

Konservasi Tanaman                             Persiapan Tanaman untuk Rumah TOGA

       23 Juli 2023                                                          24 Juli 2023

Rumah TOGA “Bagas Waras” merupakan nama dari rumah TOGA hasil PPK Ormawa yang telah diresmikan pada tanggal 30 September lalu. Peresmian dihadiri oleh Dekanat Fakultas Farmasi Universitas Jember, Kelompok Konservasi TOGA Desa Curahnongko, Perangkat Desa Curahnongko, Dinas dan OPD Mitra Kegiatan PPK BEMF Farmasi, dan juga seluruh tim pelaksana dan tim pendukung PPK BEMF Farmasi. Pada Peresmian Rumah Toga tersebut, tim PPK Ormawa BEMF Farmasi Universitas Jember juga memberikan penyuluhan tentang manfaat tanaman obat kepada masyarakat. Selain itu, juga diadakan demo pengolahan tanaman obat menjadi produk herbal. Semoga kegiatan ini bisa terus dikembangkan sehingga kiranya dapat meningkatkan ekonomi masyarakat.

Sosialisasi tanaman TOGA                        Expo Hasil PPK Ormawa bertempat

3 Agustus 2023                                          Di Gedung Auditorium Unej   27 Agustus 2023