Tiga mahasiswi Fakultas Farmasi terdiri yang dari Aulia Dewi Agustina, Christina Fushigi Purnomo, dan Shafira Amelia Budi Utami dari angkatan 2022 berhasil membawa pulang medali emas Juara 1 Medical Laboratory Technologist Olympiad 2023 (Methanol 2023) yang diselenggarakan oleh HIMA Program Studi D-IV Teknologi Laboratorium Medis Fakultas Vokasi Universitas Airlangga.

Methanol tahun ini mengusung tema “Optimizing Youth Innovation in the Health Sector during the Pandemic Transition to Improve the Quality of Life and Prosperity in a Sustainable Manner” dengan subtema yang terdiri dari 6 bidang yaitu, Kesehatan, Lingkungan, Sains dan Teknologi, Industri, IT, dan Ekonomi kreatif. Aulia dan tim memilih bidang kesehatan yang tentunya selaras dengan bidang keilmuan yang ditempuh. Dengan kerja keras, doa, dan bimbingan dari apt. Tanfidz Alishlah, S.Farm., M.Si. selaku pendamping, Aulia dan tim berhasil menjuarai cabang lomba LKTIN.

Karya tulis ilmiah dengan judul “Studi Pemanfaatan Tanaman Herbal Astragalus membranaceus sebagai Peningkat Imunitas Tubuh dan Penanganan Masalah Kesehatan Mental” berhasil membawa ketiganya lolos seleksi abstrak dan full paper KTI. Sebagai finalis, Aulia dan tim kemudian mempresentasikan karya mereka secara offline pada 30 September 2023 di Universitas Airlangga, Surabaya.

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keprihatinan terhadap dampak pandemi covid yang menyebabkan beberapa masalah kesehatan khususnya masalah terkait turunnya imunitas dan kesehatan mental. “Subtema yang kami pilih adalah kesehatan khususnya pemanfaatan tanaman herbal sebagai salah satu penyembuhan. Karena tema yang diangkat membahas mengenai masa transisi covid, maka kami mencari tanaman yang dapat memberikan efek sebagai penanganan masalah kesehatan yang ditimbulkan karena pandemi covid silam,” jelas Aulia dan tim.