Bertepatan dengan World Antimicrobial Awareness Week, Fakultas Farmasi Universitas Jember bersama dengan IAI Jember menyelenggarakan Seminar Nasional Kefarmasian bertajuk BIJAK GUNAKAN ANTIBIOTIK: CEGAH RESISTENSI. Kegiatan ini juga diselenggarakan dalam rangkaian Dies Natalis UNEJ yang ke-59. Semainar Nasional kefarmasian ini diselenggarakan pada hari Sabtu, tanggal 18 November 2023.

Sesi foto bersama dengan panitia Fakultas Farmasi UNEJ, IAI Jember, dan PIONEER

Sesi materi melalui daring bersama apt. Primadi Avianto, M.Farm.Klin

Tema Resistensi Antiotika sampai saat ini masih menjadi bahasan yang serius di dunia kesehatan. Seperti kita ketahui penggunaan antibiotika yang tidak tepat dan rasional menjadi fenomena layaknya silent pandemi yang menyebar dan menyebabkan dampak yang amat serius terkait kegagalan terapi pada pasien. Berdasarkan data dari WHO, Indonesia saat ini masuk dalam lima besar negara terbesar dalam penggunaan antibiotika. Tentu saja hal ini harus diwaspadai, apalagi kasus resistensi di Indonesia berdasarkan beberapa laporan di Rumah Sakit juga cukup tinggi.

Salah satu wujud perhatian untuk menekan dan meminimalisir penggunaan antibiotika yang tidak tepat ini adalah dengan pembekalan bagi tenaga kesehatan, khususnya apoteker untuk memilah pelayanan antibiotika utamanya di komunitas. Tidak melayani antibiotika tanpa resep dan tanpa indikasi yang jelas, adalah salah satu bentuk upaya untuk menekan laju resistensi obat.

Situasi di Aula 1 saat pelaksanaan Seminar Nasional Kefarmasian

Fakultas Farmasi sendiri mempunyai kelompok kecil sebagai wadah bagi mahasiswa untuk melakukan kegiatan memberikan informasi obat kepada masyarakat yang dikenal sebagai PIONEER (Pusat Informasi Obat Universitas Jember). PIONEER ini beranggotakan mahasiswa dengan tiga dosen pembimbing yaitu apt. Ika Norcahyanti, M.Sc., Dr. apt. Fifteen Aprila Fajrin, M. Farm., dan Dr. apt. Dian Agung Pangaribowo. PIONEER telah secara rutin melakukan podcast dengan RRI Jember dan kegiatan rutin di komunitas sebagai bentuk pemberian informasi gratis terkait obat ke Masyararakat. Di lingkungan kampus, PIONEER juga rutin menuliskan buletin terkait masalah-masalah kesehatan.

Bersama PIONEER Fakultas Farmasi UNEJ

Seminar Nasional Kefarmasian kali ini mengundang salah satu narasumber yaitu apt. Primadi Avianto, M.Farm.Klin untuk berbagi terkait pengalaman Beliau di bidang ini dengan tajuk yang menarik “MENJAGA ANTIBIOTIK UNTUK KINI DAN NANTI”. Di awal, acara ini dibuka oleh Wakil Dekan bidang Akademik, Dr. apt. Fifteen Aprila Fajrin, M.Farm dan Ketua IAI Jember apt. Ika Norcahyanti, M.Sc. Selama hampir 1,5 jam pemateri memberikan pemaparan yang menarik dan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang tidak kalah serunya. Kegiatan yang diikuti secara hybrid dengan kurang lebih 300 peserta secara daring melalui zoom dan youtube, dan 30 orang melalui luring di Aula 1 Fakultas Farmasi UNEJ.

Sebagai penutup dari Seminar kali ini adalah sebuah pantun.

Hari sabtu lagi panas-panasnya

Minum es degan segar rasanya

Daripada bingung hendak kemana

Yuk nonton Seminar Nasional di kanal youtube Fakultas Farmasi kita