Seiring dengan pelaksanaan kurikulum baru di Fakultas Farmasi (FF) pada semester Gasal 2023/2024, maka Fakultas Farmasi mengadakan sejumlah perbaikan dan pembaharuan Perjanjian Kerja Sama (PKS) salah satunya terkait pelaksanaan Praktek Kerja Profesi Apoteker (PKPA). Berdasarkan APTFI terbaru terkait pedoman PKPA dan pelaksanaan PKPA wajib di tingkat profesi, maka Fakultas Farmasi melaksanakan kegiatan Sosialisasi Pedoman PKPA sekaligus menindaklanjuti kerjasama melalui Perjanjian Kerja Sama baru terutama pada PKPA Industri, PKPA Distribusi, PKPA Puskesmas dan Pemerintahan.

Kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Pembahasan dan Penandatanganan PKS PKPA Untuk Implementasi Kurikulum Fakultas Farmasi 2023 dilaksanakan pada tanggal 12 Agustus 2023. Kegiatan ini dihadiri oleh sebanyak 40 Preseptor dan Pimpinan dari semua wahana PKPA (Rumah Sakit, Industri, Distribusi, Puskesmas dan Pemerintahan, Apotek, dan Saintifikasi Jamu) baik secara daring maupun luring. Serangkaian acara FGD diawali dengan penyampaian Kurikulum Program Studi Pendidikan Profesi Apoteker (PSPPA) FF UNEJ Tahun 2023 oleh Koprodi PSPPA, Ibu Dr. apt. Ayik Rosita Puspaningtyas, M.Farm. Acara kemudian dilanjutkan dengan Sosialisasi Pedoman PKPA 2023 oleh Ibu apt. Fransiska Maria C., M.Farm. Agenda selanjutnya adalah evaluasi pelaksanaan PKPA sekaligus pembahasan PKS untuk pelaksanaan kegiatan PKPA di FF UNEJ. Sesi ini berlangsung sangat gayeng karena ada begitu banyak masukan terkait pelaksanaan PKPA di FF UNEJ. Seluruh rangkaian acara ini diakhiri dengan penandatangan secara simbolis PKS di sejumlah PBF di Kabupaten Jember yaitu PBF. Kimia Farma Watu Dakon, PBF. AAM, PBF. Enseval, PBF. MPI; serta PBF di Kabupaten Banyuwangi yaitu PBF. Pharma Utama, dan PBF. Tri Sapta Jaya.

Semoga ke depannya akan ada lebih banyak wahana PKPA yang dapat dijadikan untuk sarana PKPA bagi mahasiswa di FF UNEJ. Mari bersinergi dan maju bersama menuju pusat agrofarmasi yang unggul luar biasa.