Seperti kita ketahui Fakultas Farmasi Universitas Jember bertekad untuk menjadi salah satu Fakultas Farmasi yang bercirikan agrofarmasi di Indonesia. Oleh sebab itu rangkaian kegiatan bertemakan agrofarmasi menjadi salah satu fokus pada kegiatan tridarma di Fakultas Farmasi. Seminar Nasional merupakan kegiatan yang rutin diselenggarakan setiap tahun dengan tema yang selalu berbeda. Tahun ini, Seminar Nasional Agrofarmasi mengangkat judul “Hilirisasasi dan Komersialisasi hasil Penelitian Inovasi Herbal”.

Mengapa tema ini diangkat, karena beberapa tahun belakangan ini hampir seluruh institusi Pendidikan berlomba-lomba untuk melakukan pengembangan atas hasil penelitian dan pengabdian masyarakatnya supaya lebih bermanfaat secara luas di masyarakat. Bukan hanya tersimpan dalam ratusan atau ribuan artikel ilmiah yang dipublikasi dalam jurnal nasional atau internasioan bereputasi. Tentu saja bukan hal yang mudah, karena sekali lagi pendekatan saintifik sangat berbeda dengan pendekatan bisnis.

Oleh sebab itu tidak mengherankan jika pada Seminar Nasional kali ini, Fakultas Farmasi mengundang dua narasumber yang sangat kompeten di bidang hilirisasi dengan produk hilirisasi yang sudah dikenal dan digunakan secara luas di masyarakat. Beliau adalah Dr. rer. nat. Ronny Martien, M.Si dari Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada dan Dr. apt. Kintoko, S.F., M.Sc dari Fakultas Farmasi Universitas Ahmad Dahlan. Bapak Ronny Martien banyak berbicara mengenai “Peluang dan Tantangan Hilirisasi Hasil Riset di bidang Farmasi’, sedangkan Bapak Kintoko tidak kalah menarik menjelaskan panjang mengenai “Strategi Hilirisasi Hasil Riset Herbal PT”. Sungguh tiga jam yang sangat menyenangkan berbagi ilmu bersama kedua narasumber kami. Sesi tanya jawab juga berlangsung seru karena meskipun dilaksanakan secara daring melalui zoom, namun antusiasme peserta yang didominasi dari luar Fakultas Farmasi Universitas Jember sangat luar biasa.