Pada tanggal 14-15 April 2023, Fakultas Farmasi Universitas Jember mengadakan serangkaian acara semarak ramadhan. Semarak Ramadhan dimulai dengan bazar dharma wanita yang bertempat di depan lobby agrofarmasi. Bazar ini merupakan kolaborasi antara dharma wanita fakultas farmasi dengan civitas akademika fakultas farmasi universitas Jember. Bazar ini sendiri telah disiapkan selama dua minggu.

Aneka jajanan snack, kue tradisional dan kue kering untuk hari raya dijajakan pada meja bazar. Produk yang dipasarkan pada bazar ini diproduksi sendiri sehingga semua civitas termasuk istri dosen, bahkan istri operator dan satpam yang bisa membuat kue-kue atau jajanan hari raya dapat turut berpartisipasi dengan menjual langsung pada hari pelaksanaan ataupun juga melalui sistem pemesanan (pre-order). “Alhamdulillah banyak yang bisa membuat  kue dan laku terjual semua” ucap Ketua Dharma Wanita Fakultas Farmasi UNEJ. Produk dipasarkan secara made by request bertujuan untuk meminimalisir barang tidak laku terjual. Acara bazar dharma wanita ini hanya digelar saat bulan ramadhan secara internal mulai dari pagi hingga siang hari. Selain memasarkan produk olahan dharma wanita, di acara ini juga ada pengambilan parcel bagi civitas akademika fakultas farmasi unej.

Khataman Al-Qur’an & Siraman rohani

Semarak Ramadhan dilanjutkan dengan khataman Al-Qur’an dan siraman rohani. Acara ini dihadiri oleh civitas akademika, baik dosen, mahasiswa maupun tenaga pendidikan fakultas farmasi. Acara dimulai pada pukul 12.30 dengan khataman Al-Qur’an sebagai pembuka. Pada khataman Al-Qur’an, setiap yang hadir membaca 1 juz Al-Qur’an yang dipimpin oleh Kyai Abu Hasanuddin S.Pd, Al-Hafizh, ketua Yayasan Ibnu Katsir Jember. Setelah Khataman Al Qur’an, acara dilanjutkan dengan khotmil qur’an. Kyai Abu Hasanuddin kemudian memberikan siraman rohani bertema “Puasa dan Etos Kerja”. Siraman rohani ini mengajak untuk terus tetap semangat meskipun sedang menjalani puasa. Siraman rohani juga mengajak untuk memandang ramadhan sebagai suatu berkah sehingga bisa lebih semangat dalam menghadapi seluruh kegiatan. Acara ditutup dengan doa bersama yang dipimpin oleh Kyai Abu Hasanuddin.

Siraman Rohani oleh Kyai Abu Hasanuddin, S. Pd. Al-Hafizh.

Hadirin membaca Al Qur’an dengan khidmat

Doa bersama yang dipimpin oleh Kyai Abu Hasanuddin, S. Pd. Al-Hafizh.

Webinar Farmasi UNEJ dalam Tema “Beautify Your Ramadhan”

Dalam balutan semarak Ramadhan, Fakultas Farmasi Universitas Jember menyelenggarakan webinar informatif dengan tema “Beautify Your Ramadhan”. Webinar dilaksanakan secara daring menggunakan media Zoom Meeting pada Sabtu, 15 April 2023. Menghadirkan dua pemateri informatif yang kompeten dalam bidangnya yaitu apt. Aisyah Rohmatullah, S. Farm. serta Dr. Indri Lakhsmi Putri, dr., Sp. BP-RE (KKF).

Webinar dimulai pada pukul 08.30 WIB dan dibuka dengan sambutan dari Dekan Fakultas Farmasi Universitas Jember, Dr. apt. Nuri, S.Si., M.Si. Dalam sambutannya Beliau mengajak agar ilmu yang didapatkan dari webinar “Beautify Your Ramadhan” kali ini bukan hanya bisa diterapkan saat bulan Ramadhan saja tetapi bulan-bulan lainnya juga.

Acara kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi yang dipandu oleh apt. Ika Norcahyanti, S.Farm., M.Sc. sebagai moderator. Materi pertama yaitu mengenai “Kosmetik Halal dan Aman” yang disampaikan oleh apt. Aisyah Rohmatullah, S. Farm., Praktisi Farmasis Industri Kosmetik. Saat ini beliau berkarir sebagai Apoteker Penanggung Jawab Quality Control (QC) PT. Kosmetikatama Super Indah (Inez Cosmetic).

Pemaparan materi oleh apt. Aisyah Rohmatullah, S. Farm.

Pemaparan materi oleh Dr. Indri Lakhsmi Putri, dr., Sp. BP-RE (KKF).

Selain itu dipaparkan juga “Tampil Cantik dan Menarik Saat Puasa Ramadhan” sebagai materi kedua oleh Dr. Indri Lakhsmi Putri, dr., Sp. BP-RE (KKF). Beliau sendiri merupakan Staf & Craniofacial Consultant, Plastic Reconstructive & Aesthetic Surgery Departement di Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga.

Webinar ditutup dengan sesi foto bersama. Melihat dari antusiasme peserta selama acara berlangsung, webinar ramadhan Fakultas Farmasi Universitas Jember tentunya berhasil menebar kebermanfaatan. Harapannya, peserta webinar dapat mengaplikasikan ilmu yang mereka dapatkan serta dapat menjadi pelopor bagi orang-orang di sekitar.

Ramadhan pada akhirnya bukan hanya mempercantik lahiriah saja, namun jika dilaksanakan dengan baik akan mempercantik batiniah. Kecantikan batiniah inilah yang akan terpancar pada wajah setiap wanita yang biasa kita kenal dengan inner beauty.