Kegiatan bergengsi untuk mahasiswa yang hadir setiap tahun, PILMAPRES (Pemilihan Mahasiswa Berprestasi), kembali diadakan pada tanggal 30 Maret 2023. 6 finalis mahasiswa berprestasi telah memulai persaingan sejak 4 Agustus 2022. Pemilihan mahasiswa berprestasi ini membuka kesempatan untuk mahasiswa farmasi angkatan 2020, 2021, dan 2022. Pada akhirnya terpilih 6 orang yang dapat memaparkan gagasan kreatif di depan para civitas akademika dan para dewan juri.

Pemilihan mahasiswa berprestasi Farmasi berlangsung di Aula Fakultas Farmasi Universitas Jember. Acara dimulai dengan rangkaian pembukaan dan sambutan. Dalam sambutannya, dekan Fakultas Farmasi, Dr. Apt. Nuri, S.Si., M.Si., memberikan ucapan selamat, semangat, dan mendoakan para finalis agar lolos hingga tingkat nasional. Acara dilanjutkan dengan 2 tahapan seleksi yakni wawancara dan presentasi gagasan kreatif. Tahapan ini dilakukan bersamaan masing-masing selama 15 menit. Tahap wawancara dilakukan bersama Ibu apt. Ema Rachmawati, S.Farm., M.Sc. Tahap presentasi dilaksanakan selama 5 menit, kemudian dilanjutkan dengan diskusi bahasa Indonesia dan bahasa inggris masing-masing selama 5 menit. Diskusi bahasa Indonesia dipandu oleh Ibu apt. Tanfidz Alishlah, S.Farm., M.Si., sedangkan diskusi bahasa Inggris dipandu oleh Ibu apt. Afifah Machlaurin., S.Farm., M.Sc..

6 Finalis mahasiswa berprestasi memaparkan gagasan kreatifnya dengan sangat percaya diri. Finalis pertama, Syarif Nur Febrianto, memaparkan gagasan kreatif berjudul “Peningkatan taraf Hidup Petani Kopi Kabupaten Jember Melalui Inovasi Produk Olahan Kopi”. Gagasan ini diharapkan mampu mengatasi salah satu permasalahan SDGs. Finalis kedua, Bagas Tri Kuncoro, memaparkan tentang suatu inovasi produk berjudul ‘Arm Pocket Drug Reminder (APDI): Solusi TB-MDR Pada Masyarakat 3T dan Agrikultur. Produk ini diharapkan mampu menjadi produk 3 in 1 yang mencegah lebih banyak pengeluaran penderita tuberkulosis. Finalis ketiga, Alviani Dwi Karmilasari, memaparkan judul “Inovasi Notrypan plus: upaya penurunan angka trypanophobia di Indonesia”. Gagasan ini diharapkan mampu mengatasi ketakutan pasien terhadap jarum suntik saat imunisasi atau vaksin. Finalis keempat, Dwi Riza Nurhidayanti, dengan gagasan “Implementasi Program Literasi Aktif Terhadap Siswa Indonesia” diharapkan mampu mengatasi rendahnya literasi yang ada di Indonesia. Finalis kelima, Whendy Waliya Arafika, memaparkan gagasan Kreatif berjudul “Aplikasi HOPE Sebagai Upaya Efisiensi Pelaksanaan Home Pharmacy Care Berbasis Digital”. Gagasan ini merupakan kolaborasi dari teknologi dan peran konseling apoteker sehingga dapat memudahkan pasien terkait obat-obatan. Finalis terakhir yang memaparkan gagasan kreatif, Felicia Injani Puspitasari. Gagasan berjudul “Program Dicoteens Sebagai Wadah Pengembangan Keterampilan Mahasiswa Kesehatan Dalam Menghadapi Dampak Perubahan Iklim Di Era Revolusi Industri 4.0″ yang mengajak mahasiswa kesehatan untuk berkolaborasi bersama mencegah penyakit yang mungkin timbul akibat perubahan iklim yang ekstrim.

Setelah para finalis memaparkan gagasan kreatifnya masing-masing, acara dilanjutkan dengan kesan pesan dari angkatan 2021 yang menyaksikan acara dan diakhiri dengan sesi foto bersama finalis mapres. Pengumuman juara pilmapres diumumkan secara resmi melalui Surat Edaran Keputusan Dekan Fakultas Farmasi Universitas Jember tentang Penetapan Pemenang Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Tingkat Fakultas Tahun 2023 Fakultas Farmasi Universitas Jember pada keesokan harinya, 31 Maret 2023. Juara pertama Mahasiswa Berprestasi Tingkat Fakultas Farmasi Universitas Jember Tahun 2023 dimenangkan oleh saudari Whendy Waliya Arafika dari angkatan 2020.

Proses penjurian oleh apt. Tanfidz Alishlah, S.Farm., M.Si. dan apt. Afifah Machlaurin., S.Farm., M.Sc.
Presentasi Gagasan Kreatif Salah Satu Finalis Pilmapres, Bagas Tri Kuncoro
Juara 1 Mahasiswa Berprestasi Fakultas Farmasi, Whendy Waliya Arafika