Program studi pendidikan profesi apoteker Fakultas Farmasi Universitas Jember baru-baru ini menyambut mahasiswa baru angkatan XVIII. Mahasiswa baru program studi pendidikan profesi apoteker mengikuti kegiatan PKKMB (Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru) pada tanggal 1-3 Maret 2023 bertempat di Aula 1 Fakultas Farmasi Universitas Jember. Stadium Generale merupakan salah satu dari rangkaian acara PKKMB program studi pendidikan profesi apoteker yang diadakan secara daring pada tanggal 4 Maret 2023. Acara ini mengambil tema “Mengulik Kompetensi Apoteker di Industri – Tantangan Dunia Kerja bagi Apoteker” mengundang apt. Ahmad Subaidi Rahman, S.Farm sebagai pembicara pada acara tersebut.

            Sebelum memulai Stadium Generale ini, mahasiswa baru program studi pendidikan profesi apoteker diajak berkenalan lebih dalam dengan apt. Ahmad Subaidi Rahman, S.Farm yang juga merupakan alumni Fakultas Farmasi Universitas Jember. Apt. Ahmad Subaidi Rahman, S.Farm menyelesaikan pendidikan S1 di Universitas Jember pada tahun 2012 dan melanjutkan pendidikan profesi apotekernya di Institut Teknologi Bandung sampai lulus pada tahun 2014. Melalui Stadium Generale,  apt. Ahmad Subaidi Rahman, S.Farm membagikan pengalamannya mulai dari awal menapakkan kaki di dunia farmasi industri sampai pada posisi beliau sekarang sebagai Quality Assurance Glaxo Smith Kline (GSK) Indonesia, salah satu perusahaan farmasi internasional ternama.

    Pada Stadium Generale, Subaidi menjelaskan beberapa topik yaitu peran farmasis secara khusus, peran spesifik pada industri farmasi, kualifikasi dan kompetensi yang dibutuhkan untuk bekerja industri farmasi, hubungan Ten Stars Pharmacist dalam dunia industri farmasi, tantangan pada dunia kerja industri farmasi, dan topik yang saat ini sedang hangat dibicarakan pada dunia kerja industri farmasi yaitu Data Integrity dan Computerized System Validation. Tidak hanya itu, acara yang dipandu oleh Dimas Adi Nugraha sebagai moderator juga menjelaskan tentang bagaimana cara menjalankan hak dan kewajiban sebagai farmasis di dunia industri.

    Acara Stadium Generale merupakan kesempatan yang menarik untuk mendapatkan ilmu terkait perindustrian farmasi yang dihadirkan oleh Fakultas Farmasi Universitas Jember. Acara ini diikuti dengan antusias oleh para mahasiswa baru program studi pendidikan profesi apoteker. Dengan adanya acara ini, mahasiswa baru profesi apoteker diharapkan dapat mempertimbangkan untuk bekerja pada bidang industri farmasi demi memajukan dunia farmasi Indonesia.

Pemaparan Materi oleh Pembicara yaitu Apt. Ahmad Subaidi Rahman, S.Farm.
Mahasiswa Baru Program Studi Apoteker Tampak Serius Mendengarkan Materi Yang dibawakan
Sesi Tanya Jawab dengan Pemateri