“Aguna Cakram Nayanika Ayuning Ismafarsi” merupakan tema Rakerwil tahun ini berasal dari Bahasa Sansekerta, yaitu “Aguna” yang berarti “berguna”, “Cakram” yang berarti “senjata (cakra)”, “Nayanika” yang berarti “matahari”, serta “Ayuning” yang berarti “memajukan”. Jika digabungkan, melalui tema kegiatan ini terdapat harapan dengan diadakannya Rakerwil ini dapat meningkatkan tali silaturahmi dan meningkatkan kebebasan mahasiswa dalam memberikan pendapat, ide, ataupun saran yang dapat memajukan Ismafarsi Batara Jatim kedepannya.

Rakerwil (Rapat Kerja Wilayah) ISMAFARSI BATARA JATIM XVI merupakan acara dua tahunan ISMAFARSI yang ditujukan untuk menyusun perencanaan strategi program kerja satu periode kepengurusan guna mencapai visi dan misi ISMAFARSI. Setelah dua tahun lalu dilaksanakan secara daring di masa pandemi COVID-19, acara ini dapat dilaksanakan kembali secara luring pada tanggal 24-26 Februari 2023 dengan host tender Himpunan Mahasiswa Farmasi Universitas Udayana, Bali.

Pada kesempatan kali ini, Fakultas Farmasi Universitas Jember berpartisipasi secara aktif dalam rangka turut serta menyukseskan kegiatan Rakerwil dengan mengirimkan delegasi mahasiswa, yaitu:

  1. Haddaf Abror N.R. (Wakil Ketua BEMF Farmasi UNEJ 2023)

(Delegasi Fakultas Farmasi UNEJ di Rakerwil ISMAFARSI BATARA JATIM XVI)

Agenda pada acara rakerwil diawali dengan opening ceremony pada tanggal 24 Februari 2023. Acara ini dihadiri berbagai LEM untuk melakukan pelantikan Staf Koordinator Wilayah ISMAFARSI BATARA JATIM dan membahas rancangan kerja kedepannya. Opening ceremony dimulai jam 08.45 yg dimulai dengan penampilan tari sekar jagat disertai menyanyikan hymne dan diakhiri dengan sambutan dari Ketua Pelaksana Rakerwil, Kepala Himpunan Mahasiswa Farmasi Udayana, Koordinator Wilayah ISMAFARSI BATARA JATIM, Ketua IAI Daerah Bali, Kepala Program Studi Farmasi Universitas Udayana, dan Dekan Fakultas MIPA. Setelah itu dilakukan serangkaian acara tersebut, pada pukul 14.30 dilakukan sidang paripurna yang membahas  prolog dan pemaparan serta pengesahan program kerja ISMAFARSI BATARA JATIM dari 10 Staf Koodinator Wilayah terpilih. Setelah sesi pemaparan dan diskusi telah usai, maka dilakukan skorsing rapat hingga keesokan harinya pukul 08.30.

(Tarian Sekar Jagat, Paduan Suara Universitas Udayana, Pelantikan Staf Koordinator Wilayah ISMAFARSI BATARA JATIM periode 2022-2024)

Sidang paripurna yang telah di skorsing kembali dibuka pada pukul 08.30 di Gedung Agrokomplek Kampus Sudirman Unuversitas Udayana. Pada hari kedua rakerwil membahas lanjutan sidang paripurna yaitu pengesahan dan penetapan mekanisme iuran dan pembahasan keuangan, SOP internal, serta sosialisasi sistem manajemen untuk dibahas bersama LEM. Rapat paripurna selesai pada pukul 16.00. Setelah itu, dibuka siding khusus untuk menentukan host tender dan isu-isu yg akan dikaji oleh ISMAFARSI BATARA JATIM. Diskusi host tender berjalan dari pukul hingga 20.00 dengan membawakan hasil bahwa RPLF jilid 1 diadakan di Universitas dr. Soebandi Jember, RPLF jilid 2 diadakan di Universitas Brawijaya malang, dan Sekolah kastrad diadakan di Universitas Mataram NTB. Pembahasan terakhir sidang khusus adalah tentang isu-isu kefarmasian yang akan dikawal oleh ISMAFARSI BATARA JATIM selama 1 periode kedepan. Sidang khusus selesai akhirnya selesai dan dilakukan penutupan pada hari kedua yaitu tanggal 25 Februari 2023. Pada hari terakhir yaitu 26 Februari 2023 pihak delegasi Universitas Jember tidak dapat bergabung karena jadwal kepulangan yg bertabrakan dengan serangkaian acara.

(Pemaparan Program Kerja, Sesi Tanya Jawab, Suasana Persidangan)

Serangkaian acara rakewil telah dilalui. Setelah mengikuti acara ini, diharapkan delegasi fakultas Farmasi UNEJ dapat menambah dan mengeratkan relasi dengan delegasi dari fakultas farmasi se- Indonesia serta dapat terus mengirimkan mahasiswa terbaiknya untuk dapat berkontribusi dalam kepengurusan ISMAFARSI wilayah pada periode selanjutnya.

(Dokumentasi bersama delegasi LEM Farmasi Wilayah BATARA JATIM)