“ISMAFARSI Adimukti Pamulih Rajya Wikara Adiwira” sepenggal kalimat sarat akan makna menjadi tema yang digemakan pada acara Rakernas ISMAFARSI XVI dengan nama kegiatan “Gelora Purwa” yang bermakna awal yang menggelora.

Rakernas (Rapat Kerja Nasional) ISMAFARSI XVI merupakan acara dua tahunan ISMAFARSI yang ditujukan untuk menyusun perencanaan strategi program kerja satu periode kepengurusan guna mencapai visi dan misi ISMAFARSI. Setelah dua tahun lalu dilaksanakan secara daring di masa pandemi COVID-19, acara ini dapat dilaksanakan kembali secara luring pada tanggal 16-20 Februari 2023 dengan host tender Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Bhakti Kencana, Bandung, Jawa Barat.

Pada kesempatan kali ini, Fakultas Farmasi Universitas Jember berpartisipasi secara aktif dalam rangka turut serta menyukseskan kegiatan Rakernas dengan mengirimkan delegasi mahasiswa, yaitu:

  1. Adelya Resti Aanisah (Ketua BEMF Farmasi UNEJ 2023)
  2. Apip Purwaji (Staf Bidang Nasional Departemen Eksternal BEMF Farmasi UNEJ 2023)
(Delegasi Fakultas Farmasi UNEJ di Rakernas ISMAFARSI XVI)

Agenda pada acara rakernas diawali dengan opening ceremony pada tanggal 16 Februari 2023 yang salah satu rangkaian acara nya adalah pelantikan Staf Ahli (SA) Nasional, Direktur Utama Badan Pelengkap, serta Koordinator Wilayah ISMAFARSI periode 2022- 2024. Pada periode ISMAFARSI BERGELORA 2022-2024, salah satu mahasiswa dari Fakultas Farmasi Universitas Jember atas nama Bagas Trikuncoro Bawono angkatan 2021

dilantik sebagai Direktur Utama BIMFI. Selain itu, acara dimeriahkan oleh persembahan tarian khas Jawa Barat dan dibuka dengan permainan alat musik angklung.

(Pelantikan Staf Ahli (SA) Nasional, Direktur Utama Badan Pelengkap, serta Koordinator Wilayah ISMAFARSI periode 2022-2024)

Acara inti atau sidang Rakernas dimulai keesokan harinya dimulai dari tanggal 17-19 Februari 2023. Rangkaian acara dimulai dengan sidang pleno yang membahas mengenai tata agenda dan tertib sidang, sidang paripurna yang membahas prolog ISMAFARSI BERGELORA 2022-2024 hingga sosialisasi SOP yang terdapat dalam ISMAFARSI (keuangan, kesekretariatan, internal, buku putih pengkaderan, buku merah kastrat, dan manajemen informasi dan teknologi), sidang komisi yang dibagi menjadi Komisi A dan Komisi B membahas mengenai program kerja oleh 12 staf ahli dan 2 badan pelengkap, dan sidang khusus yang salah satunya agendanya membahas isu-isu strategis kefarmasian. Pada sidang paripurna, salah satu delegasi dari Fakultas Farmasi Universitas Jember atas nama Apip Purwaji terpilih menjadi Presidium Sidang 2.

(Delegasi Fakultas Farmasi UNEJ menjadi Presidium Sidang 2. Suasana Persidangan)
 

Salah satu acara yang paling ditunggu delegasi adalah field trip explore Jawa Barat. Setelah beberapa hari menjalankan persidangan, para delegasi melepas penat dengan

mengunjungi beberapa tempat iconic di Jawa Barat seperti Gedung Sate, Alun-Alun Bandung, Jalan Braga, dan diakhiri dengan mengunjungi salah satu pusat oleh-oleh Jawa Barat.

(Field trip explore Jawa Barat. Dokumentasi bersama delegasi wilayah Batara Jatim)

Serangkaian acara telah dilalui, tibalah saatnya closing ceremony. Acara tersebut ditutup dengan penyerahan cinderamata berupa plakat kepada seluruh anggota ISMAFARSI yang menghadiri acara Rakernas XVI. Setelah mengikuti acara ini, diharapkan delegasi fakultas Farmasi UNEJ dapat menambah dan mengeratkan relasi dengan delegasi dari fakultas farmasi se- Indonesia serta dapat terus mengirimkan mahasiswa terbaiknya untuk dapat berkontribusi dalam kepengurusan ISMAFARSI nasional pada periode selanjutnya.

(Penyerahan plakat dari Korwil Batara Jatim. Dokumentasi bersama delegasi LEM Farmasi se-Indonesia)