Kesempatan menarik untuk mendapatkan ilmu baru dihadirkan oleh  Fakultas Farmasi Universitas Jember melalui penyelenggaraan International Conference on Medicinal Plants (The 1st ICMP). Konferensi yang diadakan ini menjadi tempat pertukaran wawasan terkait penggunaan tanaman obat di kalangan praktisi medis dan farmasi. Pergelaran ini meliputi plenary session yang berisi webinar, serta presentasi oral dan poster. Kegiatan yang disorot pada ICMP adalah webinar yang diisi oleh saintis farmasi ternama yang ahli di bidangnya. Salah satu pembicara yang berkesempatan untuk memaparkan materinya adalah Prof. Mikio Nishizawa, M.D., Ph.D. yang berkeahlian khusus pada bidang biologi molekuler dan biokimia. Pada hari pertama penyelenggaraan ICMP Farmasi Unej, 21 Oktober 2022, Profesor Mikio mengangkat pembicaraan tentang “Crude Drugs of Traditional Japanese Kampo Medicine”. Plenary session ini dipandu oleh Prof. Dr. Irmanida Batubara, M.Si. sebagai moderator untuk membantu kelancaran penyampaian materi oleh pembicara, serta pemanduan sesi tanya jawab yang dilakukan.

Penjelasan terkait definisi dan penggunaan obat gubal atau obat tradisional dalam pengobatan Kampo di Jepang dan bagaimana formula yang sudah ada diatur dalam Japanese Pharmacopoeia menjadi pendahuluan penyampaian materi oleh Profesor Mikio. Kemudian untuk mengenal lebih dalam terkait obat Kampo Jepang dan praktisnya, maka dilanjutkan dengan bagian penjelasan seperti pemberian informasi tentang metode purifikasi, identifikasi, dan kualifikasi obat Kampo, serta contoh obat Kampo dan aktivitas farmakologis yang ditunjukkan.

ICMP yang bertujuan sebagai wadah “bertukar ilmu” dengan Profesor Mikio sebagai ekspertis pada plenary session ini mengundang ranai antusias peserta yang terdiri dari saintis muda, dosen, pun mahasiswa dengan rasa ingin tahu tentang pengawasan dan penggunaan obat tradisional Jepang.