Pekan Kesadaran Antimikroba atau World Antimicrobial Awareness Week merupakan sebuah rencana aksi global untuk mencegah peningkatan resistensi terhadap antibiotik dan obat-obatan antimikroba lainnya. Kegiatan ini diperingati setiap tahun dan pada tahun 2022 ini diperingati pada tanggal 18-24 November 2022. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman tentang resistensi antimikroba melalui komunikasi, pendidikan, dan pelatihan yang efektif.

Pusat Informasi Obat Fakultas Farmasi Universitas Jember (PIONEER) turut serta dalam mendorong penggunaan antimikroba secara bijak dan rasional serta memperkuat langkah-langkah pencegahan untuk mengatasi resistensi antimikroba, bekerja secara bersama-sama melalui kegiatan kampanye kesehatan dan siaran edukasi melalui radio.

Kampanye kesehatan dengan tema ‘Go Blue Campaign for AMR Awareness’ dilakukan pada hari Minggu, 20 November 2022 pada pukul 07.30-09.30 WIB di alun-alun Kabupaten Jember. Materi yang disampaikan dalam kampanye ini adalah tentang penggunaan antibiotik secara bijak guna mencegah resistensi. Pembina PIONEER, Ibu apt. Ika Norcahyanti, S.Farm., M.Sc., juga turut andil dalam kegiatan kampanye ini.

Disamping kegiatan kampanye, PIONEER bersama RRI (Radio Republik Indonesia) Jember berkesempatan untuk melaksanakan siaran edukasi atau podcast pada hari Senin, 21 November 2022 pukul 19.00 WIB di kantor RRI Jember, Jalan D.I. Panjaitan 61, Jember. Siaran edukasi dilakukan oleh Bagas Tri Kuncoro dan Nurmaisita dengan isi materi mengenai penggunaan antibiotik secara bijak guna mencegah resistensi. Rangkaian kegiatan Pekan Antibiotik 2022 yang berjalan dengan lancar dan mendapat respon positif dari masyarakat Jember ini diharapkan menambah pengetahuan dan pemahaman mereka terkait penggunaan antibiotik.

Leave a Comment