Jember (22/10/2022)– Fakultas Farmasi Universitas Jember sukses menyelenggarakan kegiatan konferensi internasional, The First International Conference on Medicinal Plants (The 1st ICMP) dengan mengangkat tema “A Revelation on Medicinal Plants as Antioxidant Sources Against Metabolic Disorders. Bioprospecting and Conservation of Marsilea crenata C.Presl. and Garcinia mangostana L.” dan dilaksanakan dua hari pada 21 dan 22 Oktober 2022 secara hybrid di Fakultas Farmasi Universitas Jember dan Platform Zoom Meeting

Pembukaan acara dilakukan dengan menyerukan antusiasme dari panitia penyelenggara yang mensyukuri pelaksanaan The 1st ICMP dapat digelar secara hybrid untuk bertukar pikir dengan peneliti dan penggiat ilmu kefarmasian di seluruh dunia, khususnya di bidang tanaman obat. Upacara pembukaan turut dimeriahkan oleh penampilan tari tradisional untuk memperkenalkan hal yang menjadi bagian dari budaya Indonesia, pun termasuk di dalamnya adalah kekayaan sumber daya alam dan potensinya sebagai pengobatan di ranah medis dan kefarmasian.

Selain pemaparan materi dari narasumber, konferensi ini juga melibatkan partisipan aktif, baik sebagai Presenter Oral maupun Poster untuk berbagi informasi mengenai riset terdahulu yang pernah dilakukan dan sarana pembaharuan wawasan serta perwujudan kerjasama yang erat untuk memajukan penelitian dan pemanfaatan tanaman herbal di Indonesia. Berbagai riset yang telah dipresentasikan nantinya akan dipublikasikan pada beberapa jurnal partner dari The 1st ICMP yaitu Indonesian Journal of Pharmacy, HAYATI Journal of Biosciences,  Jurnal Jamu Indonesia, dan Pustaka Kesehatan.

Di penghujung acara, panitia The 1st ICMP memberikan apresiasi terhadap peserta aktif konferensi melalu penganugerahan Best Oral Presenter dan Best Poster Presenter. Best Oral Presenter pada konferensi internasional ini diraih oleh Mutia Hardhiyuna (Research Center for Vaccine and Drugs Development, National Research and Innovation Agency (BRIN) Indonesia) dengan judul presentasi ”Curcuma xanthorriza Aqueous Extract Enhancens Pro-Inflammatory Cytokines (TNF-α and IL-6) Gene Expression in RAW 264,7 Macrophages Cells. Sedangkan Best Poster Presenter diraih oleh Yuni Mumpuni (Fakultas Farmasi Universitas Jember) dengan judul presentasi Anthelmintic Activity of Methanol Extract of Jaha Leaves (Terminalia bellirica) Againts Ccaenorhabditis elegans. Acara The 1st ICMP selanjutnya ditutup oleh apt. Endah Puspitasari, M.Si sebagai ketua panitia diiringi dengan harapan adanya keberlanjutan dari event yang serupa di tahun-tahun mendatang.

Narasumber yang dihadirkan di hari pertama adalah Prof. Mikio Nishizawa, M.D., Ph.D., Prof. Dr. Ir. Yuli Widiyastuti, M.P. Pada sesi kedua di hari sama, Prof. Dr. Antje Labes dan Dr. Khalid Hamid Musa juga turut membagikan ilmu terkait riset dalam tanaman obat dan obat tradisional. Semangat dari peserta tidak surut untuk mengejar ilmu baru dari seminar yang diisi oleh narasumber hebat lainnya, seperti Dr. Phurpa Wangchuk, Dr. Faizul Helmi Addnan, Sri Astutik M.Sc., dan Dr. apt. Moch. Amrun Hidayat.