Seperti kita ketahui bahwa soal ujian kompetensi apoteker indonesia (UKAI) terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Kondisi ini menyebabkan kebutuhan akan soal yang berkualitas juga semakin meningkat. Permasalahan yang sering terjadi terkait penulisan adalah ketidaksinkronan soal dengan perkembangan praktik di lapangan, yang tentu saja berakibat ketertolakan soal menjadi lebih tinggi. Oleh sebab itu Fakultas Farmasi Universitas Jember berupaya untuk meningkatkan bukan hanya jumlah tapi juga kualitas dengan mengundang beberapa alumni yang juga bekerja sebagai praktisi di Rumah Sakit, Apotek, maupun Puskesmas. Kegiatan Focus Group Discussion (FGD) dan Pembuatan Soal Uji Kompetensi Apoteker Indonesia (UKAI) CBT diselenggarakan tanggal 8 Oktober 2022. Alumni yang hadir pada kegiatan ini sebagai narasumber adalah apt.Nargiss Lukman Hakim Salim Basyrahil, S.Farm (mewakili Puskesmas), apt. Firdha Aprillia W., M. Clin. Pharm (mewakili Apotek), apt. Ayunda Nur Hidayatiningsih, S.Farm (mewakili Rumah Sakit), dan apt. Khrisna Agung Cendekiawan, S.Farm., M.Kes (mewakili Apotek). Turut hadir pada kegiatan ini adalah Bapak/Ibu Dosen yang tergabung dalam Tim IBA (Item Bank Administrator) dan Tim Retaker.

Acara ini berlangsung satu hari yang berisikan sharing soal-soal UKAI CBT yang terbagi menjadi CS-BS, SBA dan PS. Hasil dari kegiatan ini adalah terkumpulnya soal-soal UKAI CBT yang lebih berkualitas dan sesuai dengan praktik di lapangan. Kegiatan seperti ini akan dilaksanakan secara kontinyu dengan mengundang berbagai praktisi di berbagai bidang dengan harapan soal UKAI CBT yang terkumpul menjadi lebih banyak dan berkualitas.

Mendatang, semoga sistem pembelajaran di Fakultas Farmasi Universitas Jember menjadi lebih baik dan tingkat kelulusan juga meningkat menjadi 100%.

#Farmasi Unggul Luar Biasa