Program Studi Profesi Apoteker (PSPA) Fakultas Farmasi Universitas Jember telah melaksanakan kegiatan “Pelantikan dan Pengucapan Lafal Sumpah Apoteker Baru Angkatan XV” pada Kamis, 06 Oktober 2022. Kegiatan pelantikan kali ini kembali dilaksanakan secara luring di Gedung Soetardjo Universitas Jember dan disiarkan secara langsung melalui kanal YouTube Fakultas Farmasi Unej Official. Kegiatan ini turut dihadiri oleh beberapa tamu undangan yaitu, Rektor Universitas Jember, Dekan Fakultas Farmasi Universitas Jember, Koordinator PSPA Fakultas Farmasi Universitas Jember, Wakil dekan, dosen, serta civitas akademika Fakultas Farmasi Universitas Jember, Konsil Kefarmasian Indonesia, Pengurus Pusat Ikatan Apoteker Indonesia (PP IAI), Pengurus Daerah Ikatan Apoteker Indonesia (PD IAI) Jawa Timur, Pengurus Cabang Ikatan Apoteker Indonesia (PC IAI) Jember, Ikatan alumni universitas Jember, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kab. Jember, Kepala BPOM Jember, rohaniawan, seluruh preseptor PKPA, serta para orang tua/wali dari apoteker baru.

Sidang terbuka dipimpin oleh Dr. apt. Nuri, S.Si., M.Si.

Kegiatan pelantikan dimulai melalui sidang terbuka oleh Dekan Fakultas Farmasi Universitas Jember, Dr. apt. Nuri S. Si., M.Si., dan dilanjutkan dengan Laporan Koordinator PSPA Fakultas Farmasi Universitas Jember, Dr. apt. Ayik Rosita Puspaningtyas, S.Farm, M.Farm. Apoteker yang diambil sumpah pada kesempatan kali ini berjumlah 95 orang dengan beberapa prestasi yang membanggakan. Hasil rata – rata IPK para apoteker angkatan XV adalah sebesar 3,84 dengan 2 lulusan mendapatkan IPK sempurna atas nama Nimas Putri Ariani Boewana dan Arthur Hariyanto Prakoso. Persentase kelulusan apoteker atas UKAI mencapai 92% yang jauh lebih tinggi dibandingkan persentase kelulusan nasional dengan peraih nilai UKAI tertinggi Apoteker angkatan XV adalah Agive Doddy Prakoso.

Lulusan terbaik diraih oleh apt. Nimas Putri Ariani Boewana,S.farm.

Pengambilan sumpah dipandu oleh Konsil Kefarmasian Indonesia yaitu apt. Maryani. S.Farm, M.K.M dan didampingi 3 rohaniawan dari masing-masing kepercayaan agama. Momen tersebut diikuti dengan hikmat oleh seluruh apoteker baru. Setelah pengambilan sumpah maka apoteker melakukan penandatanganan surat sumpah, penyerahan sertifikat kompetensi, sertifikat profesi dan dokumen kelulusan. Acara dilanjutkan dengan penyerahan Apoteker baru oleh Koordinator PSPA Fakultas Farmasi Universitas Jember kepada Alumni Ketua Pengurus Daerah Ikatan Apoteker Jawa Timur dan Kepala Dinas kesehatan Kabupaten Jember.

Pengambilan sumpah dipandu oleh Konsil Kefarmasian Indonesia

Setelah rangkaian acara inti selesai dilaksanakan maka sidang ditutup oleh Dekan Fakultas Farmasi Universitas Jember. Acara berikutnya merupakan rangkaian sambutan yang disampaikan oleh perwakilan Apoteker angkatan XV, oleh tua Apoteker angkatan XV, Konsil Kefarmasian Indonesia, Pengurus Pusat Ikatan Apoteker Indonesia (PP IAI)  dan yang terakhir adalah rektor Universitas Jember. “Hari pengambilan sumpah apoteker merupakan hari yang istimewa dimana para apoteker baru merayakan akhir pendidikan di Fakultas Farmasi namun akan menjadi awal untuk mengabdikan profesi kefarmasian. Pesan saya pada sejawat apoteker baru untuk selalu menjaga kompetensi dengan kemauan untuk terus belajar sebagai cerminan 10 stars of pharmacist yaitu long life learner serta menjalankan praktik kefarmasian secara profesional, mempertahankan kode etik, dan ber-akhlakul karimah tentunya dengan tujuan meningkatkan kualitas hidup sehat untuk manusia.” papar Ketua PP IAI Dr. Abdul Rahem, M.Kes. dalam sambutannya. Seluruh agenda kegiatan sumpah kali ini kemudian ditutup dengan persembahan sebuah lagu yang dibawakan oleh apoteker muda di hadapan semua hadirin yang menciptakan suasana haru.