(Minggu, 25 September 2022) – Peringatan World Pharmacist Day (WPD) 2022 dirayakan dengan antusias oleh civitas akademika Fakultas Farmasi Universitas Jember melalui serangkaian kegiatan yang tidak hanya melibatkan internal fakultas, tetapi juga mengikutsertakan peran masyarakat di dalamnya.

Perhelatan WPD 2022 yang dimotori oleh BEM FF Universitas Jember bekerjasama dengan komunitas PIONEER (Pusat Informasi Obat Universitas Jember) ini dikolaborasikan dengan agenda pengenalan kehidupan kampus di Fakultas Farmasi Universitas Jember. Rangkaian acara yang diselenggarakan yaitu mengajak mahasiswa baru tahun ajaran 2022/2023 turut memeriahkan kegiatan senam pagi, edukasi Cek KLIK (Kemasan, Label, Izin Edar, dan Kadaluarsa) serta penggunaan aplikasi Cek BPOM, dan kampanye RUU Kefarmasian.

“Mahasiswa baru FF UNEJ menggunakan media poster dalam sosialisasi cek CLIK BPOM”

Selaku Ketua Panitia WPD 2022 di Fakultas Farmasi Universitas Jember, Amel, menuturkan bahwa pengembanan tugas untuk menyelenggarakan kegiatan ini disyukurinya karena telah berjalan lancar meskipun saat perencanaan masih menemui beberapa kendala, seperti kekurangan personil, atau kekhawatiran acara tidak berlangsung baik. Namun, kekhawatirannya ditepis dengan kelegaan dan kegembiraan karena setelah beberapa tahun WPD dirayakan melalui platform daring, akhirnya bisa terselenggara lagi dengan turun lapang masih dengan menerapkan protokol kesehatan, untuk mengedukasi masyarakat sekitar. Harapan Amel melalui kegiatan yang diadakan olehnya ini yaitu dapat meningkatkan wawasan masyarakat sebagai konsumen yang cerdas, serta lebih menggemakan bahwa apoteker juga memiliki peran yang penting dan layak untuk digandeng oleh masyarakat dalam memperjuangkan pengesahan RUU Kefarmasian.

“Mahasiswa memberikan edukasi ke masyarakat di alun-alun kota Jember”

Melalui wawancara dengan beberapa mahasiswa baru tahun ajaran 2022/2023 Fakultas Farmasi Universitas Jember, mereka menganggap rangkaian kegiatan WPD 2022 ini sebagai ajang untuk menantang diri sendiri agar berani bersosialisasi dan dekat dengan masyarakat, serta menjadi satu momen untuk meningkatkan ilmu dan wawasan terkait peran profesi apoteker di tengah masyarakat.

“Harapan buat WPD tahun depan, semoga tetap se-seru ini dan kalau bisa, sih, lebih menantang lagi. Sukses terus!” ujar Lisa, mahasiswa baru Fakultas Farmasi Universitas Jember, di sela kegiatan WPD 2022. Tak lupa ketua komunitas PIONER, Dharma Yudhistira, berharap agar kegiatan pemberian edukasi kepada masyarakat terkait obat dapat terus berlanjut. “Kegiatan sosialisasi cek KLIK yang bertepatan dengan WPD 2022 ini, merupakan kegiatan perdana kami. Kedepan kami akan mengadakan pelatihan-pelatihan terkait patient counseling, edukasi obat kepada masyarakat lewat website dan media sosial, podcast, magang mahasiswa, dan lain-lain”, ujar Dharma.

“Komunitas PIONEER bersama dosen pembimbing”

“Harapan saya, semoga apoteker Indonesia bisa lebih menunjukkan eksistensinya di masyarakat,” tutur Dr. apt. Dian Agung Pangaribowo, M.Farm., Wakil Dekan (III) Kemahasiswaan & Alumni, sebagai harapan yang disampaikan dalam kegiatan WPD 2022.

“Mahasiswa baru FF UNEJ, BEMF, komunitas PIONEER, bersama dosen pembimbing dalam kegiatan WPD 2022 di alun-alun Jember”