Stadium Generale adalah event yang dilaksanakan oleh Fakultas Farmasi Universitas Jember kepada mahasiswa baru baik S1 maupun PSPA tahun ajaran gasal 2022/2023. Tema Stadium Generale kali ini adalah Penguatan Agrofarmasi: Transformasi Sistem Ketahanan Kesehatan Melalui Peningkatan Produksi Obat Tradisional. Penentuan tema ini bertujuan untuk menanamkan konsep agrofarmasi sebagai salah satu penciri Fakultas Farmasi Universitas Jember sejak dini. Harapannya, melalui kegiatan ini para mahasiswa baru dapat sejalan dengan visi dan misi Fakultas Farmasi Universitas Jember yang berkonsepkan agrofarmasi. Stadium Generale 2022 ini menghadirkan narasumber yang berkompeten di bidangnya yaitu apt. Rocky Fahriar Reza, S.Farm. dari UPT Materia Medika yang juga merupakan lulusan Fakultas Farmasi Universitas Jember.

Penguatan konsep Agrofarmasi ini sangat penting untuk ditanamkan kepada mahasiswa baru, sehingga pelaksanaannya di awal tahun ajaran baru yaitu pada tanggal 11 September 2022 secara daring melalui Zoom Meeting. Acara ini diawali dengan sambutan dari Dekan Fakultas Farmasi Universitas Jember, Dr. apt. Nuri, S.Si., M.Si., kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi serta diskusi.

Menurut apt. Rocky Fahriar Reza, S. Farm tantangan industri bahan baku farmasi di Indonesia seperti pasarnya yang relatif kecil dan modal yang juga kecil sehingga tidak dapat bersaing dalam harga global. Namun, Indonesia memiliki banyak potensi bahan baku yang sangat perlu untuk dikembangkan. Oleh sebab itu hal tersebut perlu didukung dengan adanya upaya kemandirian di bidang bahan baku obat dan obat tradisional Indonesia melalui pemanfaatan keanekaragaman hayati yang tersinkronisasi harmonis serta didukung aliansi strategis yang komprehensif. Salah satu pembagian peran yang dapat dilakukan untuk mendukung hal tersebut yaitu melalui akademisi dengan upaya sebagai berikut:

  1. SDM yang berkualitas tinggi
  2. Hasil riset sesuai kebutuhan industri
  3. Menyokong pemerintah dalam penentuan arah pengembangan dan penyelesaian masalah
  4. Penyediaan informasi
  5. Penyiapan teknologi terkini

Oleh sebab itu peran dari setiap lini menjadi penting, salah satunya Fakultas Farmasi Universitas Jember yang telah mengusung agrofarmasi sebagai ciri khas Fakultas Farmasi Universitas Jember. Ke depannya, diharapkan penelitian-penelitian yang berkembang di Fakultas Farmasi Universitas Jember dapat menjadi salah satu aksi dan solusi pengembangan pemanfaatan tanaman herbal di Indonesia. Dan pada akhirnya mampu berkontribusi pada “Ketahanan dan Kemandirian Obat” di Indonesia.

Viva Farmasi, 

Farmasi Unggul, Luar Biasa!

Leave a Comment