Percepatan kemajuan di segala bidang telah kita rasakan. Dan tanpa kita sadari, semakin kita tidak mampu beradaptasi, semakin kita akan ketinggalan, dan pada akhirnya akan tergilas oleh perputaran zaman. Tentunya ini bukan hal yang kita inginkan. Oleh sebab itu harus selalu ada target baru, bahwa hari ini harus lebih baik dari hari kemarin.

Saat ini dengan maraknya capaian-capaian Indeks Kinerja Utama (IKU) yang didengungkan di ranah Perguruan Tinggi, membuat semua Perguruan Tinggi juga berlomba-lomba untuk mengejar hal tersebut. Keunggulan secara nasional bukan lagi titik akhir, namun merupakan suatu langkah baru untuk menuju titik yang berikutnya.

Fakultas Farmasi Universitas Jember tidak mau ketinggalan untuk berpartisipasi. Meskipun kalau kita lihat masih banyak kekurangan di sana sini, namun jika tidak dimulai dari sekarang lalu kapan lagi? Oleh sebab itu pada tanggal 12 – 13 Agustus 2022, Fakultas Farmasi mengadakan Workshop Penyusunan Dokumen Akreditasi Internasional ASIIN yang dilanjutkan dengan Workshop Tim Kerja untuk menyiapkan tim yang kuat dan tangguh, yang tentu bukan hal mudah. Pada acara ini juga diselingi dengan kegiatan outbond antara semua sivitas akademika Fakultas Farmasi Universitas Jember baik dosen, tenaga kependidikan, laboran, satpam dan cleaning service.

Pelaksanaan Workshop Penyusunan Dokumen Akreditasi Internasional ASIIN menghadirkan dua pembicara yaitu Dr. Iis Nur Asyiah, S.P., MP yang memberikan materi mengenai apa saja hal-hal yang harus disiapkan untuk pengajuan akreditasi internasional ASIIN. Salah satu hal yang penting adalah perubahan kurikulum yang berbasis outcome based-education (OBE). Selain itu, dokumen yang harus disiapkan adalah self assessment report (SAR). Pemateri selanjutnya adalah apt. Saepudin, M.Si., Ph.D yang berbagi pengalaman ketika Departemen Farmasi FMIPA UII mengajukan akreditasi internasional ASIIN. Beliau berpesan, “yang penting memulai dulu”. “Semua dokumen yang dibutuhkan sebaiknya segera disediakan, sehingga tidak akan kesulitan ke depannya. InsyaAllah bisa, semua mungkin, yang terpenting usaha”, lanjut Beliau.

Workshop ini diakhiri dengan diskusi mengenai teknis persiapan pengajuan akreditasi internasional ASIIN. Untuk membentuk tim yang solid, maka disisipkan juga Workshop terkait “team building”. Karena bagaimanapun kesuksesan merupakan hasil kerja bersama.

Viva Farmasi!

Farmasi Unggul Luar Biasa!