Fakultas Farmasi Universitas Jember senantiasa meningkatkan kolaborasi dengan Fakultas/Program Studi Farmasi lain di berbagai perguruan tinggi, termasuk di Jawa Timur. Pada hari selasa, 26 Juli 2022, Fakultas Farmasi Universitas Jember menerima kunjungan benchmarking dari Departemen Farmasi Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya. Kegiatan benchmarking ini bertujuan untuk berdiskusi mengenai SPMI/SPME, implementasi akreditasi 9 kriteria, pengembangan kurikulum serta laboratorium pelayanan pada program studi. Departemen Farmasi Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya diwakili oleh Dr. apt. Valentina Yurina, S.Si., M.Si (Sekretaris Departemen Farmasi), apt. Alvan Febrian Shalas, S.Farm., M.Farm (Ketua Program Studi Sarjana Farmasi), apt. Tamara Gusti Ebtavanny, S.Farm., M.Farm (Koordinator Pendidikan Program Studi Profesi Apoteker) dan apt. Uswatun Khasanah, S.Farm., M.Farm. Fakultas Farmasi Universitas Jember sebagai tuan rumah diwakili oleh Dr. apt. Nuri, M.Si (Dekan), Dr. apt. Fifteen Aprila Fajrin, M.Farm (Wakil Dekan I), Dr. apt. Evi Umayah Ulfa (Wakil Dekan 2), Dr. apt. Dian Agung Pangaribowo, M.Farm (Wakil Dekan 3), Dr. apt. Ayik Rosita P (Koprodi Program Studi Pendidikan Profesi Apoteker), serta perwakilan dari Gugus Penjaminan Mutu dan Dosen yaitu apt. Lusia Oktora R.K.S., M.Sc dan apt. Lidya Ameliana, M.Farm.

Acara dimulai dengan sambutan dari kedua belah pihak yang diwakili oleh Ibu Dr. apt. Valentina Yurina, S.Si., M.Si dan Bapak Dr. apt. Nuri, M.Si. Acara selanjutnya adalah pemaparan materi mengenai kurikulum, dan penjaminan mutu di Fakultas Farmasi Universitas Jember oleh Ibu Dr. apt. Fifteen Aprila Fajrin, M.Farm yang kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi. Usai istirahat siang, tim Departemen Farmasi Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya melakukan kunjungan ke sarana dan prasarana yang ada di Fakultas Farmasi Universitas Jember, termasuk apotek simulasi dan peralatan di laboratorium sebagai penunjang pembelajaran.

Pada sesi akhir dilakukan foto bersama dan pertukaran soevenir sebagai tanda terjalinnya hubungan baik antar kedua institusi. Tentunya harapan ke depannya kerjasama ini terus akan berlanjut dan menuju ke tingkat yang lebih tinggi.

Leave a Comment