It always seems imposibble until it’s done – Nelson Mandela

Seiring pandemi Coronavirus disease 19 (Covid-19) yang mereda, asesmen lapang akreditasi Program Studi Profesi Apoteker Fakultas Farmasi Universitas Jember oleh LAM-PTKes berubah menjadi luring. Asesmen tersebut dilaksanakan pada tanggal 17 – 20 Mei 2022, tepat seminggu setelah libur bersama Idul Fitri. Masih dalam suasana syawal, dengan energi yang penuh setelah menikmati sepuluh hari liburan.

Asesmen lapang ini diketuai oleh Dr. Laela Hayu Nurani, M.Si., Apt, dengan anggota Prof. Dr. apt. Yandi Syukri, S,Si, M.Si, dan Dr. Bondan Ardiningtyas, M.Sc., Apt. Empat hari yang penuh dengan cerita bersama 20 orang tim akreditasi, dosen, seluruh staff tenaga kependidikan, mahasiswa, alumni, stakeholder, pengguna lulusan dan wahana praktek. Acara ini dibuka oleh Bapak Rektor Universitas Jember, Dr. Ir. Iwan Taruna, M.Eng. Pada hari terakhir acara ini juga dihadiri oleh Wakil Rektor 3, Prof. Drs. Bambang Kuswandi, M.Sc, Ph.D. Dari dokumen LKPS dan LEDPS, tinjauan sarana prasarana seperti laboratorium, ruang OSCE dan CBT, gedung UKM, perpustakaan serta lainnya, hingga tinjauan wahana praktek (rumah sakit, industri, puskesmas, apotek). Tentu saja tidak ada yang sempurna, selalu ada ruang untuk perbaikan. Semakin baik, semakin unggul seperti motto kita “ Farmasi Unggul Luar Biasa”

Dan tepat di hari ini, Senin, 20 Juni 2022, kami mendapatkan akreditasi “Unggul” untuk Program Studi Profesi Apoteker, menyusul Program Studi Sarjana Farmasi yang sebelumnya telah lebih dulu terakreditasi A di tahun 2020.

Tentunya tidak akan pernah ada kesuksesan tanpa kerja keras, keringat dan air mata. Kesuksesan seorang pemimpin, tidak akan pernah lepas dari siapa yang ada di baliknya. Tim akreditasi, semua dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa, cleaning service, satpam, satker, alumni, serta semua sivitas dan keluarganya yang tidak bisa kami ucapkan satu persatu, tidak akan berhasil tanpa sinergi semua pihak. Suka atau tidak akreditasi bukan merupakan kerja individu, ini adalah kolaborasi bersama. Working In Harmony, Nurturing The Future.

Terima kasih atas semua doa, atas semua kerja sama, atas semua dukungannya. Pada akhirnya pemandangan yang terbaik akan datang setelah pendakian tersulit, Alhamdulillah. Semoga ini menjadi tonggak dari semua kebaikan dan kemanfaatan yang akan ditebarkan oleh Fakultas Farmasi Universitas Jember.

They said, Work hard in silence. Let success make the noise.