Fakultas Farmasi Universitas Jember diprakarsai oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FFUJ melakukan kegiatan Pengabdian Masyarakat bersama Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Farmasi UNEJ. Pelaksanaan kegiatan selama satu hari, pada hari Sabtu, 21 Mei 2022. Kegiatan dilaksanakan di desa Darsono, Kecamatan Arjasa, Kabupaten Jember.

Kegiatan pengabdian diawali dengan sambutan oleh ketua IKA Farmasi UNEJ apt. Krisna Agung, S.Farm., M.Kes. Dalam sambutannya, apt. Krisna menyampaikan bahwa melalui kegiatan Bakti Sosial (Baksos), Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Fakultas Farmasi Universitas Jember ingin memberikan suatu binaan kepada masyarakat pedesaan dengan orientasi desa tersebut dapat berdiri sebagai desa yang cerdas dan mandiri. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan warga Desa Darsono mampu memahami tentang tanaman obat dan cara mengolahnya sehingga dapat tercipta lingkungan yang sehat.

Selanjutnya rangkaian acara dilanjutkan dengan penyuluhan dengan durasi 30 menit permateri. Daftar materi dan pematerinya adalah:

• Penyuluhan higienitas (sosialisasi PHBS) oleh apt. Choirul Umam, S.Farm. dan Rizki Amalia

• Tim Tanaman Toga (Penanaman Toga di lokasi Desa) oleh apt. Nur Alfi Syahrin, S.Farm dan Bimantara Adhitama (BEM)

• Penyuluhan Penggunaan Obat Rasional oleh apt. Chrysnanda Maryska, S.Farm., apt. Shahnaz Apsari, S.Farm., dan Gadis Ainurrahmatia Sari.

Kegiatan diakhiri dengan penyerahan tanaman obat tradisional hasil donasi alumni kepada perangkat desa. Diharapkan tanaman tersebut dapat dibudidayakan di Desa Darsono dan dapat menjadi sumber Tanaman Obat Keluarga.

Leave a Comment