Penggunaan jenis perawatan kulit yang sesuai dan tepat tentu membuat kulit wajah semakin bersinar dan cerah. Tidak hanya orang yang sudah memasuki usia dewasa, penggunaan skincare diperlukan oleh anak-anak di usia remaja untuk menghindari berbagai gangguan kesehatan pada wajah. Masa remaja menjadi waktu untuk anak perempuan dan laki-laki memiliki banyak hal yang perlu dikhawatirkan. Mereka berada dalam tahap perkembangan dan mengalami banyak perubahan alami dan hormonal yang menyebabkan jerawat, komedo, whiteheads dan rambut wajah pada kulit. Masa remaja adalah waktu yang tepat untuk memulai perawatan kulit dan wajah yang rutin.

 Menilik pentingnya kesehatan kulit untuk dimiliki remaja, membuat mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Jember tergerak mengadakan penyuluhan terkait pentingnya memilih skincare yang tepat dan aman untuk remaja sehingga dapat menjadikan kulit lebih sehat dan cerah. Penyuluhan yang difasilitasi oleh mata kuliah Farmasi Komunitas dengan apt. Sinta Rachmawati, S. Farm., M.P.H. sebagai dosen pembimbing ini digelar secara daring melalui platform Zoom Meeting. Dengan dilaksanakannya penyuluhan secara online, menjadikan kegiatan lebih mudah untuk menjangkau beberapa instansi pendidikan menengah di sekitar Kabupaten Jember dan juga memungkinkan peserta dari kalangan umum untuk turut mengikuti kegiatan penyuluhan. Adapun peserta yang menghadiri penyuluhan bertema “Be Smart. Be Bright. Start with what you put on your skin!” di antaranya: siswa SMAN 3 Lumajang, SMAN 2 Jember, SMP Al-Ikhlash Lumajang, serta beberapa pendaftar umum.

Penyuluhan diisi dengan pemberian materi tentang pengenalan tipe-tipe kulit, skincare yang tepat menurut masing-masing tipe kulit, serta cara memilih produk kosmetika dan perawatan kulit yang aman menurut legalitas BPOM. Antusiasme yang tinggi dari peserta terlihat dari banyaknya pertanyaan yang dilontarkan saat sesi tanya jawab kepada pemateri. Harapannya dengan selesainya pelaksanaan penyuluhan ini,  edukasi untuk kalangan remaja akan pentingnya penggunaan skincare sejak remaja, pemilihan produk perawatan kulit dan wajah yang sesuai dengan tipe kulit, legal dan aman dapat tersebar dan diterima baik oleh masyarakat

Leave a Comment