Pada hari Sabtu, 21 Mei 2022, kelompok 2 mahasiswa mata kuliah Farmasi Komunitas kelas A melakukan penyuluhan secara hybrid antara daring dan luring.  Kegiatan secara daring dihadiri oleh masyarakat umum memalui Zoom Meeting. Sedangkan, kegiatan secara luring dihadiri lebih dari 63 siswa-siswi SMA Negeri 1 Suboh, Situbondo. Penyuluhan yang bertemakan “Show Your Healthy Skin and Bright Your Own Jewelry” bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan peserta melalui edukasi tentang pentingnya menjaga kesehatan kulit sejak dini, serta rangkaian penggunaan dan pemilihan produk skin care yang baik dan aman untuk usia remaja.

Penyampaian materi dilaksanakan secara daring melalui Zoom Meeting dengan pemateri Nurdiana Kholidah 192210101122. Peserta yang hadir secara luring mengikuti kegiatan dengan memperhatikan materi melalui proyektor, yang dipandu langsung oleh panitia yang hadir di SMA Negeri 1 Suboh, Situbondo. Penyuluhan ini membahas bagaimana cara memilih dan menggunakan produk kosmetik yang sesuai dengan jenis kulit yang dimiliki. Selain itu, penyuluhan juga dilakukan secara interaktif dengan adanya sesi tanya jawab, permainan ice breaking dan praktik secara langsung bagaimana cara mengecek registrasi BPOM produk kosmetik yang dibawa oleh peserta.

Kegiatan Penyuluhan Pharmaskin ini diikuti oleh panitia sebanyak 26 mahasiswa kelompok 2 Farmasi Komunitas Kelas A, yang terdiri atas ketua panitia, sekretaris, bendahara, sie acara, sie humas, sie perlengkapan, sie publikasi dan dokumentasi, serta seorang pemateri. Kegiatan berlangsung di bawah bimbingan dosen pembimping apt. Mochammad Amrun Hidayat, S.Si., M.Farm, apt. Diana Holidah S. F., M. Farm, dan apt. Ika Puspita Dewi, S. Farm., M. Biomed. Selain dari siswa-siswi, Wakil Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Suboh, Situbondo beserta guru dan pembina ekstrakulikuler juga ikut mendampingi dan memberikan arahan selama kegiatan berlangsung di SMA Negeri 1 Suboh, Situbondo.

Kegiatan penyuluhan tersebut diakhiri dengan penyerahan cinderamata kepada pihak sekolah SMA Negeri 1 Suboh dan foto bersama antara peserta dan panitia. Dengan terlaksanakannya penyuluhan ini, diharapkan mampu memberikan pengetahuan kepada peserta terkait pentingnya menjaga kesehatan kulit sejak dini, serta memberikan pengalaman dan pembelajaran kepada panitia, mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Jember, bagaimana cara memberikan informasi dan berkomunikasi yang baik kepada pasien dan masyarakat.

Leave a Comment