Tidaklah mudah untuk bisa bertahan sampai detik ini untuk menjadi seorang apoteker. Oleh karenanya, IKA FARMASI UNEJ mengadakan sharing session yang bertujuan untuk membagikan pengalaman para alumni bagaimana mereka mencari pekerjaan, bagaimana mereka survive dari kerjanya, dan bagaimana mereka bisa sampai berada diposisi seperti saat ini. Selain itu, sharing session dilakukan untuk memperkuat ikatan silaturrahmi antar sesama apoteker dan sesama alumni Fakultas Farmasi Universitas Jember.

Sharing session yang dilaksanakan pada tanggal 5 Desember 2021, dihadiri oleh sekitar 160 peserta, baik alumni maupun mahasiswa S1 dan PSPA FF Universitas Jember. Walaupun kegiatan dilaksanakan melalui zoom meeting, namun tidak mengurangi antusiasme peserta agar tetap mengikuti. Kegiatan ini dipandu oleh MC ibu apt. Ika Noercahyanti, M.Sc dan moderator ibu apt. Catur Nindita Agul Nuari, S.Farm, serta dibuka oleh Dekan Fakultas Farmasi Universitas Jember, Bapak Dr. apt Nuri, S.Si. M.Si. Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan pengalaman, tips dan trik mencari pekerjaan, dan sesi tanya jawab sebagai akhir dari rangkaian kegiatan.

Kegiatan sharing session yang pertama dari Inspektorat Jenderal Kemenkes RI, ibu apt. Dian Puji Ayu Prawiro, S.Farm. Selanjutnya sharing session kedua bersama ibu apt. Adine Raissa, S.Farm selaku apoteker Bidang Informasi dan Komunikasi Balai Besar POM Surabaya. Kegiatan sharing selanjutkan oleh ibu apt. Nailis Syifa’, M.Sc., Ph.D. selaku dosen di Farmasi Universitas Muhammadiyah Malang, ibu apt. Ruth Tarigan, S.Farm yang bekerja di industri PT. Roche Indonesia bagian auditor GMP dan GDP, serta bergabung sebagai Global Auditor, dan terakhir dari Direktur Operasional PT. Kimia Farma Diagnostik bapak apt. Winastanto Wibowo, S.Farm.

Dari kegiatan sharing session ini banyak pelajaran yang bisa diambil, yaitu harus tetap semangat dalam menuntut ilmu dan yakin bahwa dalam menuntut ilmu dilindungi oleh malaikat; carilah pekerjaan yang sesuai dengan passionnya; membuat chelist career planning untuk beberapa tahun kedepan; merantaulah kemanapun untuk mencari ilmu dan bekerja; harus fokus dan percaya; dan sesusah apapun yang dilakukan, masih ada teman yang mau menolong kita disaat kita susah. Tak lupa juga pemateri memberikan tips bagaimana mencari pekerjaan yang berada dibawah naungan Kemenkes RI, melalui website Biro kepegawaian kesehatan, serta tips untuk melamar pekerjaan.