Pekan Ilmiah Mahasiswa Farmasi Indonesia (PIMFI) adalah kompetisi kefarmasian yang selalu diramaikan oleh mahasiswa farmasi seluruh Indonesia. Dalam kompetisi tersebut, Nita Aulia Dewi, Ayuni Riantiani, dan Agni Dian Saraswati, mahasiswi Fakultas Farmasi Universitas Jember berhasil menyabet juara 3 dalam bidang lomba video edukasi dengan karya berjudul “Video Edukasi Peran Farmasis dalam Memotivasi Penderita Kanker”. Proses pembuatan video animasi mereka dilakukan secara daring menggunakan aplikasi Powtoon.

“Videonya tentang kanker. Terdapat dua sub tema. Yang pertama yaitu peran farmasis dalam mengedukasi kanker dan yang kedua yaitu peran farmasis dalam memotivasi pasien kanker. Kami memilih sub tema pertama yaitu peran farmasis dalam memotivasi pasien kanker. Jadi isinya mengenai bagaimana peran farmasis bisa memotivasi pasien kanker agar pasien kanker memiliki semangat untuk sembuh dari penyakit kanker. Video yang kami buat adalah video animasi” ujar Nita ketika ditanya mengenai konsep video animasi yang dibuat. 

Meskipun bimbingan mulai dari kerangka konsep hingga pembuatan karya dilakukan secara daring tak menyurutkan antusias mereka untuk tetap menyelesaikan video animasi ini.

“Pertama itu isinya kami mencari di google. Setelah dapat kerangka isinya, kami konsultasikan ke Bu Ika selaku pembimbing kami. dan ternyata yang kami kumpulkan itu salah. Memang itu cara memotivasi pasien kanker tetapi itu bukan peran farmasis. Lalu kami diminta untuk mencari lagi, dan membaca jurnal. Bu Ika kemudian menyarankan kami untuk melihat ebook mengenai konseling farmasis dalam pernyakit kanker. Jadi kami gali infomasinya disitu, di ebook tersebut” ujar salah satu anggota tim.

Nita sempat mengungkapkan bahwa pengerjaan video mereka mepet dengan deadline, namun berkat kepiawaian kelompok dalam menggunakan aplikasi Powtoon, mereka dapat menyelesaikan dengan tepat waktu. Hasil juara mereka juga tak luput dari bimbingan dosen pembimbing Ibu apt. Ika Puspita Dewi, M.Biomed yang telah mengarahkan mereka terutama dalam isi konten video.

            Pencapaian besar Nita dan rekan timnya tentu menjadi kebanggaan bagi Fakultas Farmasi Universitas Jember. Semoga kedepannya mahasiswa-mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Jember dapat menorehkan prestasi lagi di berbagai ajang perlombaan!