Uji Kompentensi Apoteker Indonesia (UKAI) berbasis standar nasional merupakan ujian yang dilakukan sebagai upaya menyiapkan tenaga kefarmasian yang kompeten sesuai standar yang ditetapkan. Metode UKAI dilaksanakan dalam dua bentuk, salah satunya knowledge based test (KBT) menggunakan metode CBT (computer based test). Dalam rangka keberhasilan pelaksanaan UKAI melalui uji knowledge based test (KBT), perlu dilakukan upaya menambah bank soal yang baik dan benar. Salah satu upaya yang dilakukan adalah pengembangan SDM yang terlatih, baik sebagai penulis maupun penelaah soal UKAI, sehingga diharapkan dapat meningkatkan jumlah dan mutu soal UKAI yang dihasilkan institusi, yaitu Fakultas Farmasi Universitas Jember.

Dalam rangka mewujudkan hal tersebut, Fakultas Farmasi Universitas Jember melaksanakan acara “Pelatihan Penulisan dan Penelaahan Soal UKAI Metode CBT”. Acara ini dilaksanakan pada tanggal 9-10 Oktober 2021 dengan metode gabungan, yaitu  secara luring di Ruang KISHO Hotel Aston Jember, dan secara daring melalui zoom meeting. Pelatihan dipandu oleh apt. Ika Nor Cahyanti, S.Farm.,M.Sc selaku pembawa acara dan secara resmi dibuka oleh Dr.apt.Fifteen Aprila Fajrin, M.Farm. selaku Wakil Dekan 1 Fakultas Farmasi Universitas Jember.

Sesi 1 pelatihan diisi dengan pemaparan tiga materi terkait UKAI, yaitu “Uji Kompetensi Apoteker Indonesia dan Blueprint UKAI metode CBT” oleh apt.Tomi Hendrayana,M.Si., “Kaidah Penulisan Soal UKAI Metode CBT yang Benar dan Baik” oleh Dr.apt.Lannie Hadisoewignyo, M.Si., serta “Prinsip Penelaahan Soal UKAI metode CBT” oleh apt.Yance Anas, M.Si. Acara ini diikuti oleh seluruh dosen Fakultas Farmasi Universitas Jember yang sebelumnya telah dibagi ke dalam tiga kelompok soal UKAI, yaitu Pharmaceutical Science (PS), Biomedical Science and Clinical Sciene(BSCS) serta Social Behavior and Administration  (SBA).

Pada sesi 2 acara pelatihan, peserta pelatihan diajak untuk mempratekkan secara langsung materi yang sudah dipaparkan dengan baik oleh pemateri. Beberapa peserta pelatihan diminta untuk mempresentasikan  soal UKAI yang sebelumnya sudah dibuat oleh masing-masing peserta, dan secara langsung peserta pelatihan lain serta pemateri dapat memberikan kritik saran terkait soal. Penelaahan soal dengan metode tersebut diharapkan dapat meningkatkan pemahaman peserta pelatihan terhadap materi yang sudah didapat. Pembahasan dan praktek penelaahan soal selanjutnya diperdalam pada sesi 3, dimana semua peserta pelatihan dibagi dalam 4 breakout room zoom meeting, sesuai dengan bidang soal masing-masing dengan satu fasilitator pada tiap room. Bidang PS1 yaitu bidang Farmasetika dan Kimia analisis didampingi oleh Dr.apt.Lannie Hadisoewignyo, M.Si, bidang PS2 yaitu bidang Kimia Medicinal dan Biologi Farmasi dengan  Dr.apt.Rina Herowati, M.Si., bidang BSCS dengan apt.Yance Anas, M.Si., serta bidang SBA dengan apt.Tomi Hendrayana,M.Si. Rangkaian acara pelatihan ditutup dengan rangkuman hasil diskusi oleh masing-masing fasilitator yang mendampingi pada sesi 3 acara. Dengan berakhirnya acara pelatihan ini, diharapkan terjadi peningkatan pengetahuan, pemahaman, keterampilan penulisan dan penelaahan soal UKAI metode CBT dari seluruh peserta pelatihan, yaitu dosen Fakultas Farmasi Universitas Jember sehingga dapat terus berperan aktif di masa mendatang dalam menyiapkan apoteker-apoteker baru yang kompeten melalui UKAI.