Prestasi gemilang kembali ditorehkan oleh Mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Jember. Pada kali ini, dalam Olimpiade Farmasi “Pharmacy Expo” yang dihelat oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Farmasi Universitas Islam Negeri Jakarta (UIN Jakarta). Mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Jember berhasil meraih Juara 2 bidang poster dan juara 3 bidang esai. Bidang perlombaan poster bertemakan “Optimalisasi Vaksinasi COVID-19 dalam Merevitalisasi Kesehatan Nasional Indonesia” dimenangkan oleh Adhelena Belinda Saputri dan Fikri Dwi Ramdani (juara 2) sedangkan lomba esai dengan tema “Strategi Inovatif dan Preventif Tenaga Kesehatan dalam Menghadapi COVID-19” dimenangkan oleh Joanne Theophilia Winata dan Ika Lailatus Sa’diah (juara 3).

Masing-masing mahasiswa mengungkapkan kegembiraannya saat bisa meraih prestasi membanggakan bagi Fakultas Farmasi Universitas Jember dalam olimpiade yang diikuti oleh mahasiswa rumpun kesehatan tingkat D3 dan S1 se-Indonesia. Tim dari Fakultas Farmasi Universitas Jember merupakan satu diantara lima tim yang berhasil lolos hingga tahap final. Sebelumnya, mereka dan semua tim lainnya mengikuti seleksi secara online dengan mengirimkan karya kepada panitia. Pemilihan lima tim terbaik yang akan lolos ke tahap final dipilih oleh juri berdasarkan kriteria penilaian seperti orisinalitas karya, kesesuaian dengan lingkup eksplorasi tema, dan kesesuaian dengan ketentuan lomba.

Karya esai oleh Joanne dan Ika yang berhasil meraih Juara 3 berjudul “Plester Minyak Eukaliptus pada Masker sebagai Inovasi dalam Pencegahan Penularan COVID-19”. Ide pembuatan karya tersebut berasal dari pengetahuan mengenai manfaat minyak eukaliptus saat dihirup, sehingga mereka berinisiatif mengembangkannya menjadi plester yang akan digunakan pada masker untuk mencegah penularan COVID-19.

“Esai yang dilombakan kita ini sebenarnya sudah pernah dilombakan pada perlombaan tunggal, namun saat itu mengalami kegagalan karena gugup pada saat mempresentasikannya,” ungkap Joanne. Walaupun mengalami kegagalan, namun Joanne pantang menyerah dan mencoba kembali mendaftarkan karya tersebut pada perlombaan “Pharmacy Expo”, namun kali ini perlombaan dilakukan bersama dalam tim. Saat ditanya terkait kesulitan yang dihadapi, Joanne menjawab bahwa mereka mengalami kendala dalam pembuatan produk dikarenakan alat dan bahan yang sangat terbatas, serta ketika presentasi ada perasaan minder karena tim lain membahas tentang teknologi yang lebih upgrade. Meskipun begitu, adanya kerjasama yang baik antar anggota tim mampu mengantarkan mereka dalam meraih Juara 3 dengan nilai seleksi sebesar 174.

Pada perlombaan poster, tim yang beranggotakan Adhelena dan Fikri membuat karya dengan judul “Ayo Cari Tahu, Agar Tidak Ragu”. Karya tersebut didasari oleh keresahan mereka pada keraguan masyarakat terhadap vaksinasi yang menyebabkan masyarakat enggan divaksin. Oleh karena itu, poster edukasi tersebut ditujukan untuk masyarakat yang masih meragukan keamanan dan efektivitas vaksin yang tersedia di Indonesia.

“Lomba poster yang diikuti ini merupakan cabang perlombaan perdana dan pada saat babak penyisihan tersebut ternyata mendapatkan nilai yang seri yaitu 78,5 dengan UGM sehingga harus mempersiapkan babak presentasi dengan maksimal,” ungkap Adhelena. Dalam pembuatan poster, mereka mendapatkan kendala dalam berkomunikasi dikarenakan masih diberlakukannya PPKM sehingga harus menjalin komunikasi secara daring. “Pada saat babak presentasi, tim kita mendapat urutan pertama sehingga harus mengawali pemaparan isi poster yang dibuat dan respon dari para dewan juri sangat tertarik pada poster yang kami buat. Namun, setelah presentasi kita merasa tidak yakin terkait pemaparan tadi karena tim lain mempresentasikan dengan sangat santai dibandingkan presentasi kami”, ungkap Adhelena saat ditanya proses perlombaan poster yang sudah diikuti.

Terlepas dari ketakutan dan keraguan yang meraka alami, akhirnya mereka berhasil meraih apa yang diinginkan dan harapkan, yakni dinobatkan sebagai juara. Dengan itu mereka membuat Fakultas Farmasi Universitas Jember bangga akan sederet yang diraih oleh teman-teman dan mengukir nama baik bagi Fakultas Farmasi Universitas Jember.