Program Studi Profesi Apoteker (PSPA) Fakultas Farmasi Universitas Jember (UNEJ) pada hari Rabu, 1 Oktober 2019 melangsungkan acara penting dan bersejarah khususnya untuk 77 mahasiswa PSPA yang sudah secara resmi menyandang gelar “Apt” dibelakang title Sarjana Farmasinya. Acara “Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Apoteker Angkatan IX” ini dilaksanakan di Hotel Meotel Jember yang dihadiri oleh perwakilan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur, Komite Farmasi Nasional, Pengurus Daerah Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Jawa Timur, Dekan Fakultas Farmasi UNEJ beserta jajarannya, serta para orang tua/wali dari apoteker baru.

Tari Gandrung Cunduk Menur dari UKSM Essensi

Acara dibuka dengan penampilan tari “Gandrung Cunduk Menur” oleh UKSM Essensi dan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang dibawakan oleh Tim Paduan Suara Fakultas Farmasi UNEJ. Kemudian dilanjutkan dengan pembukaan sidang terbuka “Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Apoteker Angkatan IX” oleh Dekan Fakultas Farmasi UNEJ Ibu Lestyo Wulandari, S.Si., M.Farm., Apt. yang sekaligus berperan sebagai pimpinan sidang, sementara pengambilan sumpah bagi seluruh apoteker muda dipimpin oleh perwakilan Komite Farmasi Nasional Dra. Suzana Indah Astuti, M.Si., Apt. dengan didampingi 4 rohaniawan dari masing-masing kepercayaan agama. Selanjutnya pemberian penghargaan apoteker lulusan terbaik oleh Dekan Fakultas Farmasi UNEJ kepada Firdha Aprillia Wardhani S.Farm.,Apt beserta orang tua.

Pemberian Penghargaan kepada Lulusan Terbaik PSPA UNEJ Angkatan IX

“Hari ini kita bersumpah dan berkomitmen atas nama profesi kita, menjadi apoteker itu bukan kehormatan, tapi kekuatan. Kekuatan untuk menebar kebaikan sesuai etika profesi. Menjadi apoteker itu bukan kesuksesan, tapi tantangan. Tantangan untuk terus mengasah kualitas tanpa melupakan pahit sebelum keberhasilan. Menjadi apoteker bukan cita-cita lagi, namun kini telah menjadi nyata dengan segala gelap dan terang didalamnya.” ujar Stevanus Ary Pratama S.Farm.,Apt dalam sambutannya sebagai perwakilan apoteker muda di penghujung acara. Seluruh agenda kegiatan sumpah kali ini kemudian ditutup dengan manis melalui persembahan sebuah lagu dan tari gema cermat yang dibawakan oleh apoteker muda di hadapan semua hadirin. (By Afriza)